Mohon tunggu...
M.F.A. Bima Sakti
M.F.A. Bima Sakti Mohon Tunggu... Penulis - Akademisi, Aktivis Mahasiswa, Digitalpreneur

Terus tumbuh dan berkembang 1% setiap hari secara konsisten.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Transformasi Pendidikan Menuju Masyarakat Demokratis

23 Januari 2024   08:16 Diperbarui: 23 Januari 2024   08:19 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

oleh: Bima Sakti

Transformasi pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan masyarakat demokratis. Di Indonesia, perjalanan menuju masyarakat yang demokratis tidak hanya terjadi di arena politik, tetapi juga melibatkan reformasi pendidikan. Artikel ini mengeksplorasi upaya transformasi pendidikan di Indonesia sebagai kunci untuk membentuk masyarakat yang lebih demokratis. Pendidikan memiliki peran krusial dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi pada generasi muda. Melalui kurikulum yang disusun dengan baik, siswa dapat memahami konsep demokrasi, hak asasi manusia, dan partisipasi warga negara. 

Transformasi pendidikan mencakup pemberdayaan siswa untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Ini tidak hanya menciptakan masyarakat yang partisipatif, tetapi juga warga yang mampu berkontribusi positif dalam pembangunan negara. Salah satu tantangan utama adalah menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan masyarakat yang demokratis. Upaya terus-menerus dilakukan untuk memperkaya kurikulum dengan materi yang mendukung pemahaman konsep demokrasi. 

Indonesia menghadapi tantangan dalam menghadirkan pendidikan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat. Transformasi pendidikan harus memastikan bahwa setiap warga negara, tanpa memandang latar belakang, memiliki akses dan kesempatan yang setara. Penting untuk memberikan pelatihan yang memadai kepada guru agar dapat melaksanakan pendidikan demokratis dengan efektif. Pendidikan guru yang terus-menerus dan upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran adalah kunci keberhasilan. Meningkatkan kurikulum untuk mencakup lebih banyak aspek demokrasi, termasuk partisipasi warga sekolah dalam pengambilan keputusan. 

Memberikan perhatian khusus pada pengembangan karakter siswa yang mencakup nilai-nilai demokratis seperti toleransi, keterbukaan, dan kerjasama. Peningkatan kualitas pendidikan membutuhkan kerjasama erat antara pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat. Ini termasuk melibatkan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka. Transformasi pendidikan di Indonesia merupakan langkah penting dalam membentuk masyarakat yang demokratis. Dengan memahami tantangan yang dihadapi dan mengambil langkah-langkah konkrit, Indonesia dapat terus mengukir perjalanan menuju masyarakat yang demokratis dan inklusif melalui sistem pendidikannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun