Mohon tunggu...
Bilqis Ramadhanty
Bilqis Ramadhanty Mohon Tunggu... Mahasiswa - a literature student

This is my portopolio

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

10 Oktober 2021: Sebagai ''World Health Mental Day'' Deretan Artis Seperti Tiara Andini hingga Rich Brian Ikut Merayakan

19 Oktober 2021   12:49 Diperbarui: 20 Oktober 2021   06:12 77 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Penulis: Bilqis Ramadhanty | Editor: Annisa Nur H

World mental health day atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah suatu peringatan rutin setiap tahunnya yang dirayakan setiap tanggal 10 Oktober. Dilansir dari kompas.com, awal mula sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992 sebagai kegiatan tahunan Federasi Kesehatan Jiwa Sedunia. Pada awalnya hari itu tidak memiliki tema khusus, bertujuan untuk mempromosikan advokasi kesehatan mental dan mendidik publik tentang isu-isu yang relevan.

Setiap tahunnya, hari kesehatan mental sedunia dirayakan dengan beragam cara. Di masa pandemi, banyak akun seperti @psycircle.id yang mengadakan kampanye daring lewat Instagram dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan peringatan hari kesehatan mental dengan memposting foto twibbon dan poster tulisan dengan suatu tema, harapannya agar kita lebih peduli lagi dengan isu kesehatan mental.


Sederet tokoh termasuk artis dan penyanyi ikut serta dalam peringatan World Health Mental Day. Mereka secara kompak memposting foto atau video pendek yang menunjukkan mereka sedang menangis sembari menyelipkan hastag  Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021.

Dibalik fenomena tersebut, seorang mahasiswa psikologi Universitas Mercu Buana, Dendy Achmad Rizky memandang hari kesehatan mental sedunia dapat menjadikan kita semua lebih ‘'aware'’ terhadap isu kesehatan mental, sebenarnya diluar 10 Oktober juga harus belajar, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

”Memposting foto atau video saat kita menangis merupakan curahan hati kita, luapan emosi negatif dari dalam diri juga termasuk dalam ‘self love’ rasa terima kasih pada diri sendiri karena sudah berjuang jauh dan sudah mampu menghadapi masalah dalam hidup.  Dengan adanya perayaan ini, orang dengan masalah kesehatan mental merasa tidak sendirian, tidak apa-apa untuk tidak baik-baik saja” ucap Dendy Achmad Rizky melalui wawancara via WhatsApp.

Adanya kampanye di hari kesehatan mental sedunia dengan harapan masyarakat lebih peduli dan membuka mata tentang isu kesehatan mental. Isu kesehatan mental bukanlah hal yang tabu, jika masyarakat makin banyak yang sadar dengan diri sendiri dan sekitar. Maka akan semakin banyak orang cepat tertolong dengan dibantu terapi dan pengobatan.

Bagaimana jika orang sekeliling kita menujukkan gejala-gejala penyakit mental?

”Yang harus kita lakukan adalah memberi dukungan kepadanya, jangan membiarkannya sendiri karena dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika gejala sudah berat dan menganggu kestabilan hidup, seperti tidak mandi, takut bertemu orang, tertawa hingga menangis terus-terusan dan lain-lainnya. Segeralah bawa ke ahli dibidangnya seperti Psikolog dan Psikiater untuk penanganan lebih lanjut” ungkapnya.

Berikut, deretan artis yang memposting foto maupun video pendek menangis mereka di perayaan World Mental Health Day 2021
1. Tiara Andini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan