Mohon tunggu...
Billy H
Billy H Mohon Tunggu...

Mahasiswa Ilmu Komputer 2015 di Universitas Sumatera Utara, Graphic Designer, Front-End Web Developer, Writer, Blogger, dan Kaskus Kreator. Blog: billy-halim.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Dengan SanDisk, Melindungi Data Digital Menjadi Lebih Praktis

24 April 2018   14:11 Diperbarui: 24 April 2018   14:28 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dengan SanDisk, Melindungi Data Digital Menjadi Lebih Praktis
SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 | Sumber: Lmall.my

Bagaimana rasanya jika bahan kuliah, pekerjaan kantor, foto selfie, drama korea yang kalian simpan tiba-tiba hilang? Tentunya sangat sedih kan, meskipun tidak disengaja. Saya sudah pernah mengalaminya akibat kerusakan sistem pada smartphone saya.

Pernah suatu saat, ketika smartphone saya tidak bisa masuk ke sistem (bootloop - restart terus menerus) dan harus melakukan factory reset, disitu saya merasa sedih. Hanya sebagian data yang sempat saya backup dan sisanya lenyap begitu saja. Saya juga pernah kehilangan data akibat salah mem-format partisi di PC saya. Saya harus kehilangan beberapa data yang tidak dapat diselamatkan oleh software recovery. Data save game yang sudah dimainkan sangat jauh hilang dari pandangan saya. Sedih kan kalau musibah kehilangan data ini menimpa kita?

Dari situ lah, saya belajar bahwa mem-backup data secara rutin itu penting. Saya memang suka menumpuk data hingga segunung baru melakukan backup. Tentunya memakan waktu yang tidak sedikit untuk mem-backup data yang banyak. Belum lagi harus menghubungkan smartphone ke PC dengan kabel USB dimana kadang-kadang tidak ke-detect karena kabelnya rusak. Transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain pun merepotkan.

Akan tetapi, sangat beruntung saya menemukan sebuah perangkat penyimpanan unik dan praktis berupa Flash Drive yaitu SanDisk Ultra Dual Drive m3.0. Apakah kalian sebelumnya tau tentang Flash Drive ini? Kalau belum, apa sih keunikan dari Flash Drive tersebut? Apa sih yang membuatnya berbeda dari Flash Drive yang lain? Yuk, simak keunikannya di bawah ini.

  1. Dilengkapi micro-USB pada ujung lainnya sehingga dapat dibaca langsung oleh perangkat Android. Supaya dapat membaca data dari Flash Drive tersebut, perangkat Android yang digunakan haruslah mendukung OTG (On-The-Go) USB. Berbeda dengan kebanyakan Flash Drive lainnya dimana hanya bisa dibaca oleh perangkat PC. Jadi, kalau ingin mem-backup data dari smartphone ke PC, tidak perlu repot-repot lagi melalui PC.
  2. Memiliki standar USB 3.0. Konektor USB 3.0 yang dihubungkan ke PC mempercepat proses pengiriman file hingga 150 MB/s. Konektor USB 3.0 juga kompatibel dengan port USB 2.0. Jadi, kalian tidak perlu menunggu lama lagi ketika mengirim file-file berukuran besar seperti video.
  3. Pengiriman file antara PC dan Android menjadi lebih efektif tanpa harus berurusan dengan kabel USB dan Bluetooth yang memiliki kecepatan pengiriman yang rendah.
  4. Tersedia dalam 5 variasi ukuran yaitu mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Nah, itulah keunikkan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 yang patut diacungi jempol. Dengan menggunakan perangkat ini, mengirim file antar perangkat menjadi lebih praktis dan mem-backup data digital secara rutin menjadi lebih mudah.

Sangat penting untuk menjaga baik-baik data digital kita terutama data yang penting. Mengingat kejadian seperti kerusakan sistem secara mendadak dan kelalaian kita yang tidak disengaja tidak bisa diprediksi dan bisa datang kapan saja. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mem-backup data kalian secara rutin. Misalnya, satu kali sehari.

Tidak perlu ragu-ragu lagi untuk memilih perangkat SanDisk sebagai solusi penyimpanan data yang aman dan praktis. Ayo, segera lindungi data digital kalian dengan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0.