Mohon tunggu...
zahwan zaki
zahwan zaki Mohon Tunggu... Administrasi - Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Hobi melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah ditempuh dan terus mencoba menggerakkan pena, menulis apa yang bisa ditulis, paling tidak untuk bisa dibaca segelintir orang.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Ayo Intip Bisnis Kue Martabak Manis Bangka!

3 Oktober 2020   07:01 Diperbarui: 3 Oktober 2020   07:24 552
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Martabak Bangka Rasa Keju + Pandan / Dokpri.

Sore ini tiba-tiba saya pingin makan martabak manis Bangka langganan saya. Jadilah saya mengajak anak-anak menuju tempat penjual martabak Bangka yang jauhnya kurang lebih 2 KM dari rumah. 

Sampai di tempat penjual martabak ternyata baru mulai buka, penjualnya sedang menyiapkan peralatan pada gerobak martabaknya. Saya lihat jam di handphone sudah menunjukkan hampir pukul 5 sore. Berarti penjual martabak ini baru siap menjajakan martabaknya pukul 5 sore. Jadilah saya menjadi pelanggan pertama martabaknya untuk hari ini.

Pengetahuan saya tentang martabak Manis Bangka

Dikatakan doyan martabak, saya tidak doyan. Dikatakan tidak doyan martabak, tidak juga. Akan tetapi, sewaktu-waktu lidah ingin merasakan lezatnya kue asli Bangka ini, saya akan membeli martabak langganan keluarga.

Kue satu ini sudah menghampiri lidah saya sejak kecil dulu. Seingat saya kue ini dulu waktu masih di kampung dinamakan dengan “kue penekok”. Ya, kue penekok ini dijual oleh penjual dari kota, tepatnya kota Pangkalpinang. Biasanya, keberadaan kue penekok ini selalu ada bersamaan digelarnya pasar malam.

Dahulu, kue penekok ini bisa kami beli per potong dengan harga Rp.100. Cukup makan satu potong aja sudah terasa cukup. Kalau bahasa kampungnya cepat “lungoi” saat makan kue yang satu ini. Mungkin karena rasanya manis legit kue penekok yang bisa membuat lidah merasa cukup untuk makan satu atau dua potong saja.

Itu dulu, sekarang penekok sudah menjelma dengan sebutan populer “Martabak Bangka”. Jangan ditanya kepopuleran martabak Bangka ini. Barangkali di setiap kota besar yang ada di Indonesia ini martabak Bangka selalu hadir untuk memanjakan lidah konsumennya.

Tidak terkecuali, melalui layar lebar pun sudah ada judul film “Martabak Bangka”. Walaupun dilihat dari sinopsisnya bukan bercerita tentang kuliner. Akan tetapi, bisa jadi kini nama martabak Bangka sudah terkenal seantero Indonesia.

Mengintip Keuntungan Dari Bisnis Kue Martabak Manis Bangka:

Untuk melihat keuntungan dari berjualan kue martabak manis Bangka ini bisa dilihat dari harga jualnya. Harga jual kue martabak manis Bangka ini dijual dengan harga dan rasa yang bervariasi. Rentang harganya, Rp. 15.000,- s.d. Rp. 37.500,-. Per loyang kue. Dalam satu loyang kue bisa dapat 12 potong kue martabak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun