Mohon tunggu...
zahwan zaki
zahwan zaki Mohon Tunggu... Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Hobi melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah ditempuh dan terus mencoba menggerakkan pena, menulis apa yang bisa ditulis, paling tidak untuk bisa dibaca segelintir orang.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Semarak Bisnis Menjelang Lebaran Idul Adha

29 Juli 2020   23:39 Diperbarui: 29 Juli 2020   23:39 108 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semarak Bisnis Menjelang Lebaran Idul Adha
Foto: Ilustrasi Bisnis Hewan Kurban / okezone.com

# Lebaran Di Kabupaten Bangka

Sudah hampir 39 tahun umur saya. Sepanjang ingatan saya berlebaran di Bangka begitu semarak. Lebaran di Bangka bukan hanya lebaran Iedul fitri (lebaran puasa) dan lebaran Iedul Adha (lebaran haji / lebaran kurban) saja, tetapi terdapat lebaran yang lain juga.

Ada hari-hari perayaan agama yang lainnya juga, semaraknya hampir seperti lebaran Iedul Fitri dan Iedul Adha, di antaranya tahun baru Islam 1 Muharam, Maulid Nabi, buka puasa 6 dan hari ruah kubur. 

Semarak itu ditandai dengan setiap rumah masyarakat menyiapkan makanan lebaran beserta minuman di atas meja. Terdapat beraneka masakan dan kue lebaran di sediakan untuk tamu yang datang ke rumah, di antaranya: opor ayam, rendang, sop, sate, ketupat, lepat, kue tar, getas, serta kue lebaran lainnya.

Tidak ketinggalan juga jenis minuman yang dihidangkan, di antaranya: Sprite, Fanta, coca cola, teh, sirup, dan minuman lainnya. Hampir semua rumah-rumah yang ada di Desa-Desa Kabupaten Bangka menyediakan hidangan lebaran.

Wajar saja, masyarakat Bangka yang tinggal di luar Bangka akan merasa kangen ingin pulang ke Bangka bila di masa lebaran. Hal tersebut dikarenakan begitu semaraknya lebaran di Bangka.

Untuk menyiapkan hidangan lebaran tersebut, masyarakat biasanya sudah menyiapkan anggaran tersendiri untuk lebaran. Satu yang pasti, berlebaran di Bangka pasti menggerus isi kantong. Mungkin itulah yang membuat lebaran di Bangka begitu semarak.

Bisnis-Bisnis Menjelang Lebaran Iedul Adha di Bangka:

Sudah menjadi hal yang lumrah, jika menjelang lebaran Iedul Adha di Bangka, terdapat berbagai bisnis yang digeluti oleh pebisnis, di antaranya:

# 1) Bisnis Ayam dan Jasa Pencabut Bulu Ayam

Jenis ayam yang dijual saat menjelang lebaran, antara lain: ayam broiler, ayam kampung dan ayam merah. Sering kita temui dalam satu kampung terdapat beberapa orang menggeluti bisnis ayam ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN