Mohon tunggu...
Biben Fitrahman
Biben Fitrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI, Selenggarakan Webinar Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

30 Juli 2021   13:20 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:40 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI, Selenggarakan Webinar Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi
tangkapan layar

Kelompok 47 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan webinar yang bernama Tips Pola Hidup Makan Sehat di Masa Pandemi Covid-19 yang terbuka secara umum bagi masyarakat di 30 desa sasaran KKN pada Sabtu (24/7). Menurut Muhammad Yudrik Haqiqi yang merupakan keuta pelaksana acara, kegiatan webinar ini diselenggarakan sebagai bentuk implementasi  pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik membangun desa melalui bidang pendidikan dan ekonomi dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan webinar ini dipandu oleh Biben Fitrahman selaku pemandu acara. Kepala Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK) UPI,  Dr. Hj. Sri Subekti, M.Pd menyampaikan sambutannya. Dalam sesi sambutan beliau menyampaikan bahwa KKN merupakan mata kuliah yang wajib diambil semua mahasiswa. Kegiatan KKN UPI pada tahun 2021 diselenggarakan dengan tujuan mendampingi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di masa pandemi, serta pemberdayaan ekonomi kepada UMKM serta masyarakat terdampak pandemi secara ekonomi.

Sesi pematerian pertama disampaikan oleh Dera Alghaniyyu Shabarudin S.Gz yang merupakan seorang ahli gizi di Rumah Sakit OMNI Internasional Alam Sutera. Dalam sesi ini, Dera Alghaniyyu Shabarudin S.Gz menyampaikan pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19 dengan memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Dera Alghaniyyu Shabarudin juga menjelaskan mengenai prinsip gizi seimbang. Ia menekankan bahwa setiap individu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang beraneka ragam sebab kebutuhan gizi tiap individu berbeda -- beda.

Dera Alghaniyyu Shabarudin juga menghimbau untuk menerapkan pola hidup bersih. Menurutnya, pola hidup bersih bisa dilakukan dengan menghindari tempat -- tempat yang berpotensi menjadi tempat penularan virus, memakai masker dengan benar, serta selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 40 detik. Selain itu, disampaikan pula bahwa sering melakukan aktivitas fisik juga baik untuk tubuh di masa PPKM ini.

tangkapan layar
tangkapan layar

Pematerian kedua disampaikan oleh Nia Lestari, M.Pd yang merupakan dosen Program Studi Tata Boga FPTK UPI. Materi yang disampaikan yaitu berkaitan dengan pola makanan sehat untuk keluarga. Nia Lestari M.Pd menyampaikan bahwa makanan yang sehat untuk dikonsumsi adalah makanan yang terjaga kebersihannya serta tidak menimbulkan penyakit bagi tubuh. Selain itu, disampaikan pula bahwa makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Nia Lestari juga menekankan pentingnya menyusun menu sehat seimbang untuk keluarga. Menurutnya, penyusunan menu dapat dipengaruhi oleh anggaran, umur anggota keluarga, variasi hidangan, serta sumber daya. Ia menekankan bahwa pengolahan makanan harus memperhatikan anggota keluarga yang akan mengonsumsi makanan tersebut. Selain itu, variasi hidangan juga diperlukan dengan maksud supaya anggota keluarga tidak merasa bosan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN