Mohon tunggu...
Bianca Martha
Bianca Martha Mohon Tunggu... seorang wanita dengan ribuan ide di dalam benaknya

saya adalah sseorang wanita yang sangat suka menulis apa saja yang terpatri di dalam benak saya, khususnya mengenai pendidikan di indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Info Beasiswa Kuliah S2 Program Pemerintah Tahun 2021

8 Januari 2021   16:42 Diperbarui: 8 Januari 2021   18:02 245 0 0 Mohon Tunggu...

Apakah Anda masih mencari info beasiswa pascasarjana yang sesuai untuk mendanai studi Anda? Ada banyak peluang sekarang. Mulailah dengan memberikan biaya penuh, hanya mencakup biaya sekolah, atau menyediakan dana parsial untuk kebutuhan pembelajaran tertentu. Pilihan beasiswa sebenarnya tergantung kebutuhan Anda. 

Jika Anda ingin semua studi Anda dilakukan oleh sponsor atau donatur, maka memilih beasiswa penuh adalah prioritas utama. Sebaliknya, jika Anda memiliki dana yang cukup / pas-pasan dan ingin menekan biaya yang dikeluarkan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menawarkan beasiswa parsial.

Uraian ini tidak membahas informasi beasiswa mana yang terbaik untuk Anda. Sebab, apakah itu tergantung pilihan masing-masing. Di bawah ini adalah ikhtisar peluang beasiswa yang bisa diikuti beserta kelebihan dan kekurangannya, sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum melamar.

Khusus untuk beasiswa S2 2021-2022 ada yang sudah dibuka pendaftarannya dan masih ada lagi nanti. Beasiswa S2 terdiri dari beasiswa pascasarjana luar negeri, biasanya beasiswa ini disediakan oleh donatur luar negeri, beberapa di antaranya adalah beasiswa pascasarjana dalam negeri yang diselenggarakan oleh institusi Indonesia.

Beasiswa Pendidikan Indonesia-LPDP

Program beasiswa pemerintah dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program ini dinamakan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). LPDP menawarkan berbagai beasiswa BPI. Misalnya program magister dan doktor BPI, mata kuliah afirmatif BPI, beasiswa pendidikan tinggi dunia utama, mata kuliah tesis / disertasi BPI, dan beasiswa profesi dokter. BPI-LPDP bisa dikatakan produk paling populer di tanah air saat ini. Pasalnya, selain beasiswa penuh bagi para pemenang, juga disediakan berbagai bidang penelitian dan universitas. Anda dapat mengajukan beasiswa BPI untuk program pascasarjana di dalam dan luar negeri. Pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Mei atau Juni.

Kunjungi juga : Kumpulan artikel pendidikan terbaru 

Beasiswa Unggulan

Pertama, beasiswa unggulan sekarang dikenal luas. Program beasiswa disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika Anda sukses dan ingin melanjutkan ke gelar master, maka beasiswa unggulan bisa menjadi pilihan. Menariknya, beasiswa unggulan juga bisa digunakan untuk pembelajaran di berbagai kampus. Karena itu, jika Anda mencari beasiswa master di negara ini, maka beasiswa unggulan layak dipertimbangkan. Khusus untuk beasiswa S2, calon terpilih dapat memanfaatkan beasiswa selama 18-24 bulan. Selain biaya kuliah, juga termasuk biaya buku, biaya penelitian, biaya hidup, dan transportasi ke universitas tujuan. Pendaftaran dimulai pada bulan September.

Beasiswa Dikti

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) juga memiliki program beasiswa sendiri yang diberikan secara rutin setiap tahun. Beasiswa Dikti menyasar dosen dan pendidik serta dikenal luas di kampus. Apalagi negara ini memiliki jumlah dosen dan pendidik yang besar. Bagi yang memiliki jurusan di bidang ini dan sedang mencari beasiswa magister pada tahun 2021-2022, maka beasiswa Dikti patut dipertimbangkan. Beasiswa ini juga menyediakan dana sekolah penuh dan beberapa opsi bagi pelamar. Beasiswa tersebut antara lain beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri (BPP-DN) untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri, beasiswa pendidikan pascasarjana luar negeri (BPP-LN) untuk belajar di luar negeri, dan beasiswa (PKPI) untuk peningkatan kualitas publikasi internasional. ) Dalam rangka menambah wawasan dan pengalaman internasional mahasiswa S3 BPP-DN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x