Mohon tunggu...
Bhakti Dwi Lara Nugraha
Bhakti Dwi Lara Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Instagram : @20bhakti_ Jika ada request untuk mengangkat suatu topik tertentu yang saya mengetahui isi topik tersebut silahkan dm saya saja. Terimakasih

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bagaimana Nasib Sepak Bola di Indonesia?

10 Desember 2020   09:45 Diperbarui: 10 Desember 2020   09:53 163 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Nasib Sepak Bola di Indonesia?
bolalob.com

Bagaimanakah nasih sepak bola di Indonesia, khususnya liga 1 ? Sepak bola di Indonesia, khususnya liga1 tak dapat bergulir kembali. Jika kita lihat sebelumnya, sudah lama sekali tidak ada kompetisi liga sepak bola di Indonesia. Terakhir, bulan Maret 2020 kompetisi liga terakhir bergulir di Indonesia, sejak saat itu tak ada satu pun tayangan sepak bola Indonesia yang bisa dinikmati penggemar sepak bola di Indonesia. 

Ada wacana di bulan November kompetisi liga 1 Indonesia akan bergulir dengan regulasi yang berbeda dari yang sebelumnya. Namun, saat bulan November datang wacana itu akhirnya berubah, yang semula di rencanakan akan bergulir, tetapi kenyataanya tidak jadi bergulir. Alasannya adalah tidak mendapatkan izin dari pihak keamanan, dikarenakan tidak mau menimbulkan kerumunan orang.

Setelah wacana bergulirnya liga 1 Indonesia di bulan November 2020 tidak jadi terlaksana, lalu timbul wacana lagi. Yaitu wacana bergulirnya di pending 1 bulan kemudian, yaitu di wacanakan dimulai pada bulan Desember 2020 dengan mengikuti protokol kesehatan dan tentu di laksanakan tanpa kehadiran penonton di stadion. 

Namun, lagi lagi pada saat waktu nya tiba di bulan Desember, wacana itu hanya sekedar wacana yang tidak dapat terealisasikan tujuannya. Kompetisi liga 1 Indonesia tidak dapat bergulir kembali dengan alasan yang sama dari sebelumnya, yaitu dari pihak keamanan yang tidak bisa memberikan izin kompetisi bergulir dengan alasan tidak ingin menimbulkan keramaian di masa pandemi ini. 

Lantas bagaiman para peserta liga 1 Indonesia itu sendiri?. Pasti mereka membutuhkan kejelasan apakah kompetisi bisa di gelar di tahun ini atau di pending hingga tahun depan, klub-klub juga sangan resah dengan tidak adanya kompetisi yang bergulir. Selain klub yang dirugikan, para pemain pun sangat dirugikan dengan tidak adanya kompetisi yang bergulir. Gaji para pemain pun tidak dapat dibayarkan full 100%.

Para pemain Indonesia pun banyak di lirik oleh klub dari luar negri, contohnya dari klub asal Malaysia, yang sudah meminjam pemain bertahan asal Persija jakarta yaitu Ryuji Utomo. Bahkan berita-berita lain pun banyak terdengar, bahkan bukan pemain asal Indoensia saja, pemain asing yang bermain di Indonesia pun sangat diminati klub-klub asal luar negri. 

Semoga sepak bola di Indonesia cepat bergulir kembali seperti semula, sehingga para penikmat sepak bola Indonesia bisa mendapatkan hiburan kembali dari sepak bola. 

Salam Olahraga......................

VIDEO PILIHAN