Mohon tunggu...
BETA KURNIA DEWI
BETA KURNIA DEWI Mohon Tunggu... Guru - TK AL HIDAYAH TAWANGREJO 02 - BINANGUN - BLITAR - JAWA TIMUR

Saya Beta Kurnia Dewi seorang guru di salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang ada di TK Al Hidayah Tawangrejo 02. Lembaga saya terletak di Kecamatan Binangun Kota Blitar - Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Pembelajaran Papan Huruf untuk Mengembangkan Literasi Awal Anak Usia Dini

6 Desember 2022   21:19 Diperbarui: 6 Desember 2022   21:36 653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak usia dini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang dilalui anak dengan baik yang akan menghasilkan keberuntungan bagi anak nantinya, masa-masa ini adalah masa penentuan kemana anak akan dibawa nantinya, menjadi dewasa yang dapat mengoptimalkan kemampuannya dengan baik . Persiapan ini dimulai sejak anak masih dalam kandungan dan periode ini sering disebut sebagai masa keemasan (golden ages).

Perkembangan anak usia dini yang sangat perlu untuk dikembangkan dan dioptimalkan, perkembangan tersebut meliputi: Aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), kognitif, bahasa, fisik motorik dan sosial emosional (Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2013), h.78).

Dokpri
Dokpri

Aspek perkembangan ini tidak dapat berkembang dengan sendirinya melainkan dengan adanya hubungan satu sama lain. Masa ini merupakan masa stimulasi seluruh aspek perkembangan memiliki peran penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Setiap aspek perkembangan yang harus dioptimalkan oleh anak usia dini, salah satunya adalah aspek bahasa. Aspek bahasa perlu dipersiapkan dan dikembangkan salah satunya adalah kemampuan mengenal huruf. Kemampuan
mengenal huruf merupakan bagian dari kompetensi kemampuan bahasa dalam ruang lingkup keaksaraan.

Mengenal huruf merupakan bagian dari aspek perkembangan bahasa anak, yang perlu dikembangkan dengan memberi stimulasi secara optimal sejak dini.Tadkiroatun Musfiroh mengungkapkan bahwa stimulasi pengenalan huruf adalah merangsang anak untuk mengenali, memahami, dan menggunakan simbol tertulis untuk berkomunikasi.Mengenal dan memahami huruf bukan hanya sekedar menghafal sejumlah deretan abjad ABCD. Akan tetapi, hal yang perlu ditanamkan pada anak adalah huruf merupakan simbol yang mewakili satu bunyi bahasa, apabila simbol-simbol tersebut disusun maka akan membentuk kata yang memiliki makna. Misalnya, nama anak, nama buah dan nama benda yang dimiliki anak (Jakarta: PT.Grasindo, 2009), h. 10.

Media adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat menarik perhatian, minat, pikiran dan perasaan peserta didik dalam kegiatan belajar agar tercapai tujuan pembelajaran tertentu. Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan pada proses belajar mengajar, media juga dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. (Malang:Gunung Samudera, 2016), h. 6.

Media pembelajaran yang digunakan di PAUD yang berupa media cetak (majalah, buku certia), alat permainan edukatif (APE), audio visual, poster, dan papan flanel. Penggunaan media pembelajaran di sekolah pada umumnya harus menyenangkan, bermakna, menarik perhatian anak, dan tidak membosankan agar anak bersemangat saat kegiatan pembelajaran khususnya belajar mengenal huruf sebagai dasar pemahaman dalam membaca bagi anak usia dini. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa media merupakan alat bantu yang digunakan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan pada peserta didik melalui audio ataupun audio visual yang dapat dilihat dan didengar oleh anak. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengenalkan huruf pada anak usia dini adalah media papan pintar huruf.

Media papan pintar huruf merupakan media yang didalamnya terdapat huruf-huruf abjad dan juga gambar untuk mengenalkan huruf pada anak usia dini. Media papan pintar huruf merupakan pengembangan dari media papan flanel, media papan pintar huruf memiliki kesamaaan dengan media papan flanel yaitu sama-sama dilapisi dengan kain flanel. 

Media papan pintar huruf adalah salah satu media yang efektif untuk menyajikan dan menyampaikan pesan-pesan secara visual melalui gambar, simbol atau tulisan yang ditampilkan pada papan pintar dan dapat dilepas secara mudah (Jakarta: Raja Grafindo Persada), 2005, h. 7.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun