Mohon tunggu...
Berty Sinaulan
Berty Sinaulan Mohon Tunggu... Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog, Penulis, Peneliti Sejarah Kepanduan, Kolektor Prangko dan Benda Memorabilia Kepanduan, Cosplayer, Penggemar Star Trek (Trekkie/Trekker), Penggemar Petualangan Tintin (Tintiner), Penggemar Superman, Penggemar The Beatles

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"May the Fourth Be With You", Semoga Menang

4 Mei 2020   14:14 Diperbarui: 4 Mei 2020   14:12 48 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"May the Fourth Be With You", Semoga Menang
May The Fourth Be With You, sebuah wallpaper karya Peter Spencer yang disediakan gratis untuk diunduh oleh Dribbble.com (Foto: dribbble.com)

Tanggal 4 Mei, walau pun tidak secara resmi di banyak tempat dirayakan sebagai Hari Star Wars. Mengacu pada film Star Wars karya George Lucas yang sangat terkenal itu. Salah satu ungkapan dalam film itu adalah "May the Force be with you", yang kemudian "dimainkan" secara bahasa menjadi "May the Fourth be with you", merujuk pada tanggal tanggal 4 Mei yang selanjutnya dijadikan peringatan Hari Star Wars.

Kalau biasanya, pada 4 Mei para penggemar film Star Wars berkumpul dengan kostum masing-masing, meniru kostum para tokoh atau karakter dalam film tersebut dan mengadakan acara bersama-sama, maka pada 4 Mei 2020 hal yang sama juga tetap dilakukan. Namun karena di tengah kondisi pandemi Covid-19, maka pertemuan para penggemar Star Wars itu dilakukan melalui online atau dunia maya.

Tidak merupakan masalah, justru merupakan berkah, karena pertemuan kali ini bisa menghubungkan para penggemar Star Wars dari banyak negara sekaligus, tanpa perlu repot memikirkan biaya tiket dan gedung pertemuan untuk berkumpul. Cukup mengenakan kostum Star Wars dari rumah masing-masing, membuka layar komputer atau telepon seluler dan saling berhubungan melalui berbagai aplikasi pertemuan online yang kini dapat dengan mudah diakses.

Di tengah kondisi seperti ini, kesempatan Hari Star Wars juga dimanfaatkan untuk menggalang semangat untuk dapat menang mengatasi serbuan wabah Covid-19. Seperti di film Star Wars, di mana terjadi perang bintang di galaksi luar angkasa, di mana "kebaikan" berperan melawan "kejahatan" dan mengalahkan kejahatan, demikian pula saat ini. Menang!

Misalnya, bertepatan dengan 4 Mei, Uni Eropa meluncurkan the Coronavirus Global Response, sebuah upaya untuk mendukung WHO (organisasi kesehatan dunia) maupun lembaga kesehatan lainnya, untuk bergerak cepat dalam mendapatkan diagnosis dan perawatan bagi pasien, serta vaksin untuk memupus Covid-19. Mulai 4 Mei 2020 ini, Uni Eropa meluncurkan upaya mengumpulkan donasi besar-besaran, mengharapkan negara-negara anggota Uni Eropa bersedia membantu Uni Eropa mencapai target donasi anggaran sebesar 7,5 miliar Euro (sekitar Rp 130 triliun).

Sebelum itu di India, para pengguna Twitter menanggapi pidato Perdana Menteri India, Narendra Modi, terkait dengan upaya lockdown di negaranya. PM Modi  beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa lockdown di negaranya diperpanjang sampai 3 Mei, lalu bagaimana dengan 4 Mei dan sesudahnya? Sejumlah pengguna Twitter menulis pesan "May the 4th be with you", tentu ungkapan mengharapkan yang terbaik, walaupun saat menulis itu belum tahu kelanjutan lockdown di negaranya.

Semoga "May the Fourth be with you", benar-benar bisa menguatkan semangat siapa pun untuk maju "berperang" dan seluruh dunia menang melawan Covid-19. Banyak cara yang dapat dilakukan. Untuk masyarakat luas, tentu saja berusaha hidup tetap sehat, tidak ke mana-mana dan tetap di rumah saja, serta menjaga jarak dan menggunakan masker bila terpaksa harus ke luar rumah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x