Mohon tunggu...
Berty Sinaulan
Berty Sinaulan Mohon Tunggu... Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog, Penulis, Peneliti Sejarah Kepanduan, Kolektor Prangko dan Benda Memorabilia Kepanduan, Cosplayer, Penggemar Star Trek (Trekkie/Trekker), Penggemar Petualangan Tintin (Tintiner), Penggemar Superman, Penggemar The Beatles

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Kapten Haddock di Indo Comic Con 2017

31 Oktober 2017   16:32 Diperbarui: 31 Oktober 2017   16:45 1462 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapten Haddock di Indo Comic Con 2017
Kapten Haddock dan Tintin dari Tintin Fans of Indonesia. (Foto: TFoI)

Kapten Haddock kembali tampil di arena Indonesia Comic Convention 2017. Suatu perhelatan bagi para penggemar komik dan segala sesuatu yang berhubungan dengan komik atau cerita bergambar, termasuk film, cosplay, dan sebagainya. Acara yang lebih dikenal dengan nama Indo Comic Con atau ICC digelar di Jakarta Convention Center, selama dua hari penuh, 28 dan 29 Oktober 2017.

Kapten Haddock bertemu kembarannya? (Foto: TFoI)
Kapten Haddock bertemu kembarannya? (Foto: TFoI)
Kali ini Kapten Haddock berhasil menemukan teman lamanya, Tintin, si reporter muda petualang yang telah menjelajah ke segala penjuru dunia. Bersama Tintin dan teman-teman penggemar kisah Petualangan Tintin (The Adventures of Tintin) di Indonesia yang menamakan diri Tintin Fans of Indonesia, Kapten Haddock dan Tintin menyapa dan menyempatkan foto bersama dengan para penggemar komik umumnya, dan pencinta kisah Petualangan Tintin khususnya.

Foto bersama cosplayer lain. (Foto; TFoI)
Foto bersama cosplayer lain. (Foto; TFoI)
Tak lupa pula, mereka berfoto bersama sejumlah cosplayer yang hadir di acara itu. Beragam cosplayer tampil dan memang menjadi objek foto yang menarik untuk dibidik. Mulai dari yang menggunakan kostum-kostum dari komik Barat (Eropa dan Amerika) maupun komik-komik asal Jepang.

Di samping berfoto bersama, juga sempat tercuat diskusi yang menarik untuk dicatat. Di antaranya catatan yang sempat dikumpulkan antara lain adalah sambutan hangat masyarakat terhadap ICC yang dibuktikan dengan banyaknya pengunjung, tampaknya harus diantisipasi pihak penyelenggara dengan memperbaiki sistem arus masuk dan ke luar arena acara.

Kapten Haddock foto bersama lagi. (Foto: TFoI)
Kapten Haddock foto bersama lagi. (Foto: TFoI)
Sebagai contoh, pada Sabtu, 28 Oktober 2017 siang hari, banyak pengunjung yang membatalkan datang, karena macet yang sangat parah di sekitar kawasan Senayan, tempat berlangsungnya acara itu. Apalagi ditambah hujan deras, membuat macet semakin sulit terurai. Menurut informasi, pada saat bersamaan ada acara wisuda perguruan tinggi, sehingga parkir di kawasan Senayan sangat penuh.

Hal lain yang dibahas, adalah pujian kepada pihak penyelenggara yang mau mengakomodir komunitas-komunitas penggemar komik untuk ikut tampil. Melalui cara itu, acara ICC menjadi wadah yang benar-benar untuk para penggemar komik. Sayang sepanjang pengamatan, tahun ini tampaknya komunitas penggemar komik Superman di Indonesia tidak hadir. Padahal penggemarnya cukup banyak juga.

Berfoto di booth komunitas Indo Star Trek. (Foto: TFoI)
Berfoto di booth komunitas Indo Star Trek. (Foto: TFoI)
Ketiga, di kalangan para penggemar kisah Petualangan Tintin, dibahas pula kapan kira-kira duet sineas Steven Spielberg dan Peter Jackson, melanjutkan sekuel film itu, setelah pada 2011 meluncurkan film The Adventures of Tintin yang boleh disebut "bagian pertama". Sebenarnya pada 2016 lalu sempat terdengar kabar, bahwa Spielberg dan Jackson masih bersemangat meluncurkan sekuel film itu, tapi sampai menjelang akhir 2017 belum ada kabar kelanjutannya.  Semoga saja, rencana itu tetap ada dan penggemar kisah Petualangan Tintin bisa menyaksikan film terbaru dari kisah karya Herge, komikus asal Belgia. Sebuah kisah yang telah diterjemahkan dalam lebih 50 bahasa di dunia dan dicetak di banyak negara.

Foto-foto: milik Tintin Fans of Indonesia

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x