Mohon tunggu...
Berty Sinaulan
Berty Sinaulan Mohon Tunggu... Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog, Penulis, Peneliti Sejarah Kepanduan, Kolektor Prangko dan Benda Memorabilia Kepanduan, Cosplayer, Penggemar Star Trek (Trekkie/Trekker), Penggemar Petualangan Tintin (Tintiner), Penggemar Superman, Penggemar The Beatles

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Ucapan Selamat Ulang Tahun dari Joe Taslim untuk Star Trek

9 September 2017   15:28 Diperbarui: 9 September 2017   19:32 0 2 0 Mohon Tunggu...
Ucapan Selamat Ulang Tahun dari Joe Taslim untuk Star Trek
Sumber gambar: Instagram @joe_taslim

Tanggal 8 September 2017 adalah ulang tahun ke-51 dari kisah fiksi ilmiah Star Trek. Pertama kali ditayangkan pada 8 September 1966 di salah satu stasiun televisi Amerika Serikat, kisah karya Gene Roddenberry itu berhasil memikat penonton bukan hanya di negaranya. Tetapi penggemarnya meluas juga ke seluruh dunia.

Di Indonesia, kisah Star Trek mulai dikenal secara luas ketika TVRI menayangkannya pada 1974. Setelah itu, sejumlah stasiun televisi swasta di Tanah Air juga ikut menayangkan kisah petualangan di angkasa luar mencari kehidupan yang lebih baik itu. Bahkan di Indonesia telah ada pula komunitas penggemar film tersebut yang menamakan dirinya Indonesian Star Trek Community atau Indo Star Trek (IST). Secara resmi komunitas itu baru berdiri pada 2003, tetapi jauh sebelumnya telah kelompok-kelompok kecil penggemar Star Trek di Indonesia. Setidaknya pada awal 1990-an telah ada kelompok yang diberi nama USS Parahyangan di Bandung dan USS Batavia di Jakarta.

Kini, menyambut usianya yang ke-51, salah satu aktor laga Indonesia yang terkenal, Joe Taslim ikut pula mengucapkan selamat ulang tahun. Lewat akun instagramnya, Joe Taslim menampilkan dirinya dengan kostum dari film Star Trek, disertai ucapan "Happy Anniversary Star Trek". Dilengkapi pula dengan lambang jari tangan terbuka menggambarkan salam Vulcan, salah satu ras alien di film Star Trek, yang terkenal dengan sapaan membuka jari seperti huruf V dan mengucapkan, "Live long and prosper" (panjang usia dan sejahtera).

Foto dari akun IG Joe Taslim yang mengenakan kostum Star Trek. (Foto: IG Joe Taslim)
Foto dari akun IG Joe Taslim yang mengenakan kostum Star Trek. (Foto: IG Joe Taslim)
Joe Taslim memang sangat dekat dengan Star Trek. Bahkan dia merupakan aktor Indonesia yang telah tampil dalam film layar lebar Star Trek Beyond yang ditayangkan pada 2016 untuk menyambut 50 tahun kisah fiksi ilmiah itu. Film tersebut telah ditayangkan di seluruh dunia dan mendapat sambutan hangat di mana-mana.

Dalam film tersebut, Joe Taslim berperan sebagai Manas. Dia sebenarnya manusia kelahiran abad ke-22 yang bernama Anderson Le. Tadinya dia seorang perwira dari Starfleet Federation, sebelum dia kemudian terperangkap dan tak bisa kembali di Planet Altamid. Penampilan Anderson Le kemudian berubah menjadi alien yang bernama Manas, setelah penggunaan energi teknologi transference yang terpapar pada tubuhnya beberapa kali.

Joe Taslim yang juga terampil dalam bela diri, terlihat sangat memanfaatkan kemampuan bela dirinya dalam film Star Trek tersebut. Kemampuannya berlari, meloncat, menyerang dengan tendangan, bahkan akrobatik koprol jumpalitan terlihat dinamis ketika adegan Manas berperang.

Semoga film Star Trek berikutnya akan segera diproduksi dan rilis, dan Joe Taslim serta para aktor dan aktris film Indonesia lainnya mendapat kesempatan pula tampil di situ. Live long and prosper Star Trek!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x