Mohon tunggu...
Berty Sinaulan
Berty Sinaulan Mohon Tunggu... Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog, Penulis, Peneliti Sejarah Kepanduan, Kolektor Prangko dan Benda Memorabilia Kepanduan, Cosplayer, Penggemar Star Trek (Trekkie/Trekker), Penggemar Petualangan Tintin (Tintiner), Penggemar Superman, Penggemar The Beatles

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Upaya Memperkenalkan ISJ, Komunitas Pewarta Pramuka

5 September 2016   15:31 Diperbarui: 5 September 2016   15:36 210 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Memperkenalkan ISJ, Komunitas Pewarta Pramuka
Ketua Kwarda DKI Jakarta, Kak Sylviana Murni (kiri) tampak gembira menerima badge dan nomor ID Indonesia Scout Journalist. (Foto: R. Andi Widjanarko, ISJ)

ISJ adalah singkatan dari Indonesia Scout Journalist, komunitas pewarta Pramuka yang anggotanya terdiri dari Pramuka yang senang jurnalisme maupun jurnalis dan fotografer non-Pramuka tetapi senang dan sering meliput kegiatan kepramukaan. Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca di sini

Setelah setahun usianya, komunitas ISj terus berkembang. Saat berlangsungnya Jambore Nasional X-2016 yang diadakan di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus lalu, cukup banyak anggota Gerakan Pramuka yang ikut tertarik bergabung dalam ISJ. Pada acara tersebut pula, perwakilan pendiri ISJ menyerahkan setangan leher dan badge khusus ISJ untuk Jambore Nasional itu kepada Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault. Beritanya bahkan telah dimuat di situs web resmi World Organization of the Scout Movement (WOSM), organisasi gerakan kepanduan sedunia. Jelasnya dapat dibaca di sini

Upaya memperkenalka komunias ISJ terus dilakukan. Termasuk kepada Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DKI Jakarta, Kak Sylviana Murni. Ketua Kwarda DKI Jakarta masa bakti 2013-2018 tersebut saat ini juga merupakan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Kebudayaan. Perkenalan komunitas ISJ kepada Kak Sylviana Murni itu dilakukan seusai berlangsungnya upacara Hari Pramuka ke-55 tingkat DKI Jakarta, yang diadakan di lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 September 2016.

Badge dan nomor ID 1001 untuk Kak Sylviana Murni. (Foto: R. Andi Widjanarko, ISJ)
Badge dan nomor ID 1001 untuk Kak Sylviana Murni. (Foto: R. Andi Widjanarko, ISJ)
Badge (lambang dari kain) ISJ dengan nomor ID 1001 yang dibingkai secara khusus diserahkan kepada Kak Sylviana Murni. Tampak raut gembira di wajah Kak Sylviana ketika kepadanya diberi tahu bahwa beliau dijadikan anggota kehormatan ISJ. Nomor ID 1001 sekaligus untuk menunjukkan angka “10” yang merupakan kode wilayah DKI Jakarta dalam nomor urutan Kwarda se-Indonesia yang dimulai dengan nomor “01” untuk Kwarda Aceh dan diakhiri dengan nomor “34” untuk Kwarda Kalimantan Utara.

Lalu angka “01” untuk menunjukkan bahwa Kak Sylviana Murni adalah orang nomor 1 di lingkungan Kwarda DKI Jakarta. Sehingga lengkapnya, nomor yang diberikan adalah 1001. Suatu angka yang unik, karena dibaca dari belakang pun, tetap 1001.

Saat pemberian badge dan nomor ID yang dibingkai khusus itu, Kak Sylviana Murni baru saja selesai mengucapkan terima kasih kepada para petugas upacara yang telah dengan baik menjalankan tugas mereka. Ditemani Kak Triadi Suparta, Wakil Ketua Kwarda DKI Jakarta yang juga salah satu anggota komunitas ISJ, para peserta upacara menyambut gembira pemberian badge dan nomor ID itu.

Foto bersama, Kak Sylviana Murni (kiri), penulis (tengah), dan Kak Triadi Suparta (kanan). (Foto: R. Andi Widjanarko, ISJ)
Foto bersama, Kak Sylviana Murni (kiri), penulis (tengah), dan Kak Triadi Suparta (kanan). (Foto: R. Andi Widjanarko, ISJ)
Secara singkat, Kak Sylviana mengucapkan terima kasih dan menyinggung pula bahwa pemanfaatan media sosial dengan baik, dapat membantu meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Sejalan dengan upaya komunitas ISJ untuk membantu publikasi beragam aktivitas kepramukaan yang tujuannya juga untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka . Bila citra positif Pramuka semakin dikenal masyarakat luas, diharapkan masyarakat tak segan memberikan apresiasi terhadap upaya organisasi pendidikan nonformal bagi anak-anak dan remaja yang membantu membentuk karakter kaum muda menjadi manusia yang lebih baik di kemudian hari.

Foto-foto: R. Andi Widjanarko, ISJ #003

VIDEO PILIHAN