Mohon tunggu...
Bert Toar Polii (Bertje)
Bert Toar Polii (Bertje) Mohon Tunggu... Editor - Atlet, Pelatih, Jurnalis Bridge

Lahir 31 Agustus 1953 di Tondano. Penerima Satya Lancana Dharma Olahraga dari Presiden Jokowi, Atlet legenda dari Menpora dan Tuama Leos, Keter wo Nga'asan dari Rukun Keluarga Besar Ratulangi saat memperingati 128 tahun Dr. GSSJ Ratulangi. Sampai sekarang masih aktif sebagai atlit, pelatih dan jurnalis.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pertama Kali Dalam Sejarah ABCC, Indonesia Hanya Kirim 2 Tim

9 Desember 2022   07:48 Diperbarui: 9 Desember 2022   08:16 681
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama Kali Dalam Sejarah ABCC, Indonesia Hanya Kirim 2 Tim

Oleh : Bert Toar Polii

Pada tanggal 18-23 Desember 2022 di Bangkok akan digelar  The 38th Asean Bridge Club Championship dan The 5th South East Asia Bridge Federation Championship.

Asean Bridge Club Championship (ABCC)  adalah event yang digagas oleh Alm. Amran Zamzami dari Indonesia dan memperebutkan Piala Presiden Indonesia.

Event ini diselenggarakan secara bergilir setiap tahun oleh Indonesia, Philippina, Thailand, Singapura dan Malaysia dan selama ini dirajai oleh Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 205 di Bangkok, kembali atas ide Indonesia untuk membentuk South East Asia Bridge Federation terinspirasi setelah Indonesia sukses meloloskan bridge dipertandingkan di SEA Games 2011 di Indonesia dan selanjutnya juga bridge telah menjadi cabang olahraga kategori 3 dimana jika tuan rumah menginginkan bridge bisa dipertandingkan di SEA Games.

Gayung bersambut saat itu ketika President Asia Pacific Bridge Federation, Kunying Esther Soponpanich ikut merestui dan malah bersedia menjadi Vice  President . Saat itu juga dibentuk South East Asia Bridge Federation dengan Presidennya M Bambang Hartono dan  Honorary Secretary juga dari Indonesia , Handojo Susanto serta bendahara adalah Chua Gang dari Singapura.

Pada saat itu juga ditentukan SEABF Championship pertama akan diselenggarakan pada tahun 2016 di Singapura dengan format pertandingan sama persis seperti ABCC yang sudah kita kenal selama ini.

Selanjutnya mulai tahun ini atau pada penyelenggaraan kelima Event ini resmi antar negara Asean sehingga pemenangnya akan diputarkan lagu kebangsaan serta menaikan bendera kebangsaan saat penyerahan medali buat pemenang.

Event ini sempat terhenti dua tahun karena pandemic covid-19.

Sayang sekali sampai saat ini peserta dari Indonesia yang bisanya selalu menjadi peserta terbanyak kali ini hanya mengirimkan dua tim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun