Mohon tunggu...
Bertha Virginia
Bertha Virginia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Semester 5 Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Voice Over Talent | Announcer | Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengulik Kemunculan Internet

1 September 2020   13:11 Diperbarui: 1 September 2020   13:06 187 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengulik Kemunculan Internet
Ilustrasi Internet (Sumber: dunia-internetonline.blogspot.com)

Kehadiran internet maupun teknologi canggih di era digital tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita. Setiap saat, internet dan smartphone selalu menjadi belahan jiwa yang tak terpisahkan.

Internet di era digital sangat beragam manfaatnya, hampir semua aspek di kehidupan memerlukan bantuan internet supaya dapat terkoneksi satu sama lain.

Sekilas, mungkin kita mengenal internet, tapi sulit untuk mendeskripiskan pengertian internet. Oleh sebab itu, mari kita mengulik sedikit mengenai internet baik pengertian, sejarah, maupun perkembangannya.

Pengertian Internet

Internet merupakan jaringan dari perangkat komputer yang terkoneksi dalam sebuah sistem global yang menggunakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk menghubungkan berbagai perangkat di seluruh dunia. Internet dapat diartikan juga sebagai jaringan dari jaringan (network of networks) yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah baik lokal maupun global.

Kamu mungkin asing dengan istilah TCP/IP, karena memang kita lebih sering mendengar internet tanpa mengetahui seluk beluknya. Intinya, internet (international network), merupakan media yang banyak digunakan masyarakat untuk membantu mengefisienkan proses untuk berkomunikasi dengan bantuan jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh dunia.

Makanya tidak heran, adanya internet dan kolaborasinya dengan teknologi canggih, sumber informasi maupun pergaulan kita dapat menjangkau banyak orang di belahan dunia manapun. 

Dunia di era digital menjadi semakin canggih dan selalu up to date, bahkan sampai ada istilah 'ketinggalan zaman' untuk mereka yang tidak tahu informasi terbaru di saat-saat tertentu.

Sedikit mengulik mengenai perjalanan internet mungkin akan membantu kita untuk mengenal lebih dalam tentang internet, berikut poin penting perjalanan internet sehingga menghasilkan era digital seperti saat ini.

1969: Lahirnya ARPANET

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan