Mohon tunggu...
Berta Niken
Berta Niken Mohon Tunggu... Guru - Niken adalah Guru di salah satu Sekolah di Provinsi Lampung

Niken lahir di Lampung, Pendidikan Terakhir di Magister Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Lampung. Selain sebagai Guru Niken juga aktif menulis seperti menulis Cerpen, Puisi, dan Artikel baik di Blog Pribadinya maupun di media on line.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Observasi Kelas PI 3 Guru Penggerak

12 April 2022   15:52 Diperbarui: 12 April 2022   15:54 5417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Observasi kelas PI 3 PGP angkatan 4 (Dok. Pribadi)

Kompasiana.Com,Guru Penggerak_Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 memasuki bulan ke-4 pada fase ini diadakan Pendampingan Individu 3 oleh Pengajar Praktik (PP) Guru Penggerak terhadap Calon Guru Penggerak ( CGP). Ada hal menarik pada pendampingan Individu ( PI) 3 ini yakni adanya Observasi Kelas CGP.

Adapun yang menjadi inti dari Observasi kelas ini adalah penerapan Budaya Positif Kelas dan Penggunaan Pembelajaran Berdiferensiasi oleh CGP. Budaya positif yang dimaksud terkait dengan kesepakatan kelas di kelas tersebut yang dibuat oleh siswa dan disepakati bersama dengan bimbingan guru dalam proses penyusunannya.

(Dok. Pribadi)
(Dok. Pribadi)


Observasi disini dapat diartikan melihat secara langsung dan memperhatikan secara teliti terhadap gejala yang nampak. Observasi kelas adalah teknik observasi yang diadakan ketika supervisor dalam hal ini PP yang secara aktif mengikuti jalannya kunjungan kelas ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung tanpa menggangu proses pembelajaran berlangsung.

Tujuan diadakan observasi kelas ini  adalah untuk memperoleh data obyektif terhadap aspek-aspek situasi pembelajaran berkenaan dengan pembelajaran diferensiasi yang digunakan oleh CGP dalam pembelajaran di kelas nya.

(Dok. Pribadi)
(Dok. Pribadi)


Secara umum, aspek-aspek yang diobservasi adalah usaha-usaha dan aktivitas guru-siswa dalam proses pembelajaran, Konten pembelajaran dan produk dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Selain itu juga bagaimana cara menggunakan media pengajaran, variasi metode pembelajaran untuk memenuhi karakteristik siswa, ketepatan penggunaan media dengan materi, ketepatan penggunaan metode dengan materi, dan reaksi mental para siswa dalam proses belajar mengajar terkait dengan sosial emosional Guru dan siswa.

Pelaksanaan observasi kelas ini melalui tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, penutupan, penilaian hasil observasi dan tindak lanjut.

Langkah-langkah yang dipersiapkan oleh Supervisor diantaranya  instrumen observasi, penguasaan pembelajaran diferensiasi, serta masalah dan tujuan supervisi kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun