Mohon tunggu...
Berlianza Dwipa Sansabila
Berlianza Dwipa Sansabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hi, World!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UM Pandanmulyo 2021 Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Spot Foto Menarik di Wisata D'Embung Park

21 Juli 2021   00:38 Diperbarui: 21 Juli 2021   09:18 147 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Pandanmulyo 2021 Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Spot Foto Menarik di Wisata D'Embung Park
Pemanfaatan botol plastik bekas menjadi spot foto baru oleh KKN UM Desa Pandanmulyo 2021 (Foto oleh: KKN UM 2021)

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Model Blok Universitas Negeri Malang Desa Pandanmulyo 2021, telah selesai melaksanakan salah satu program kerjanya,  yaitu pemanfaatan sampah botol plastik sebagai media spot foto menarik di kawasan wisata D'embung Park, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan. Program kerja ini telah selesai dilaksanakan pada 13 Juli 2021.

Di era digital seperti sekarang, keberadaan spot foto yang menarik di sebuah kawasan wisata perlu menjadi perhatian khusus karena, dapat menarik jumlah pengunjung. Singkatnya, pengunjung melakukan pengambilan foto, lalu mengunggah hasil foto ke media sosial, sehingga secara tidak langsung pengunjung ikut mempromosikan tempat wisata tersebut.

Inisiatif memanfatkan sampah botol plastik ini muncul karena melihat banyaknya sampah botol plastik bekas air mineral yang menumpuk di tempat pembuangan sampah kawasan wisata D'Embung Park. Sebagian dari kita tahu bahwa sampah plastik tergolong ke dalam jenis sampah yang tidak mudah terurai dan berpotensi mencemari udara apabila dibakar. Sebagai tempat wisata baru dan ramai pengunjung, kuantitas dan keberadaan sampah botol plastik dirasa memerlukan penanganan khusus. Mengingat permasalahan limbah botol plastik merupakan masalah yang belum terselesaikan karena pengelolaan yang kurang baik.

Tara May Sabilla dan Diyan Fakih Firmansyah, selaku penanggung jawab program kerja berharap bahwa melalui pengadaan Program Kerja "Pemanfaatan Sampah Botol Plastik sebagai Media Spot Foto" dapat membantu mengurangi permasalahan menumpuknya sampah botol plastik bekas air mineral di kawasan wisata D'Embung Park, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan. Kegiatan ini juga diharapknan mampu mengurangi potensi pencemaran udara akibat pembakaran sampah yang berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, kegiatan pemanfaatan sampah botol plastik ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kreativitas masyarakat setempat akan pengelolaan sampah botol plastik yang ternyata dapat dimanfaatkan menjadi media/spot foto.

Pengelolaan sampah botol plastik air mineral untuk dijadikan spot foto ini cukup mudah, serta  tidak memerlukan biaya yang mahal. Pertama, botol plastik dicuci bersih terlebih dahulu. Lalu, dipotong membentuk bunga. Potongan botol plastik yang sudah membentuk bunga ini, selanjutnya dicat untuk menambah estetika. Setelah selesai proses pengecatan selesai, bunga botol plastik dapat langsung dirangkai sesuai keinginan.

Dengan adanya spot foto terbaru di D'embung Park, KKN UM Reguler Model Blok Desa Pandanmulyo 2021 berharap hal tersebut dapat menarik lebih banyak pengunjung dan menjadikan D'Embung Park sebagai tempat wisata yang cocok bagi pengunjung dari semua kalangan.

Penulis: Tara May Sabilla dan Diyan Fakih Firmansyah (Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Editor: Berlianza Dwipa Sansabila (Mahasiswa Universitas Negeri Malang) 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan