Mohon tunggu...
Berlian Nova
Berlian Nova Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang pembelajar

Masih mencari jati diri

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Ecobrick: Solusi Pengurangan Sampah Plastik

1 Juli 2022   19:24 Diperbarui: 1 Juli 2022   19:27 261 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
illustrasi ecobrick. (sumber:kanal.web.id/cara-membuat-ecobrick-sendiri)

Berapa banyak sampah plastik yang Anda buat dalam satu hari? Bayangkan berapa banyak sampah plastik yang akan Anda hasilkan dalam satu bulan, satu tahun, atau bahkan sepanjang Anda hidup.

Sampai saat ini, plastik masih menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar. Sejalan dengan hal tersebut, berbagai cara dilakukan untuk mengurangi sampah plastik agar tidak menumpuk . Mulai dari pembatasan penggunaan plastik hingga mencari pengganti yang lebih ramah lingkungan.

Meski begitu, sampah plastik masih menjadi masalah yang perlu diatasi. Di lain sisi, penggunaan plastik di beberapa hal juga sulit dihilangkan. Oleh karena itu, diperlukan adanya solusi lain yang lebih mudah diaplikasikan. Salah satunya adalah ecobrick.

Mengapa Ecobrick Bisa Menjadi Solusi?

Ecobrick adalah salah satu cara daur ulang sampah plastik yang dapat dilakukan siapa saja. Untuk membuat ecobrick, Anda hanya memerlukan botol plastik yang diisi dengan limbah non organik. Nantinya, ecobrick dapat dimanfaatkan untuk membuat blok bangunan, furnitur, perabotan indoor, dan lain-lain.

Cara Buat Ecobrick

Sebelum membuat ecobrick, pastikan seluruh bahan yang akan digunakan sudah bersih dan steril. Kemudian, keringkan bahan dengan lap bersih. Selanjutnya, masukkan plastik atau limbah anorganik ke dalam botol. Jika sampah terlalu besar, Anda bisa mengguntingnya terlebih dahulu.

Pastikan sampah plastik memenuhi ruangan botol, sehingga botol menjadi padat dan keras. Untuk memudahkan pekerjaan, Anda bisa memadatkannya dengan sumpit atau stik kayu. Satu botol minum 600 mL setidaknya memiliki berat 240 g setelah dipadatkan.

Pada prinsipnya, ada 3 cara meminimalisir sampah plastik. Yaitu reduce, reuse, dan recycle. Pembuatan ecobrick merupakan upaya recycle agar plastik atau sampah non organik lain dapat dimanfaatkan ulang. Sehingga, penggunaan plastik tidak sekedar menjadi tumpukan sampah yang mencemari lingkungan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan