Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Freelancer - Mamanya si Ganteng

Nomine BEST In OPINION Kompasiana Awards 2022, 2023. Salah satu narasumber dalam "Kata Netizen" KompasTV, Juni 2021

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pinjol IndoSaku Menunjukkan Cara-cara Kurang Profesional saat Menghubungi Kontak Darurat Nasabah

3 Maret 2022   17:00 Diperbarui: 3 Maret 2022   17:02 20810
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screenshot pesan WA hari pertama dari IndoSaku (Dok. pribadi)

Dua hari berturut-turut, 1 dan 2 Maret lalu, saya menerima pesan WA dari nomor yang tidak dikenal. Bunyi pesan tersebut sepertinya berkaitan dengan utang piutang salah seorang teman saya yang mencantumkan nama saya sebagai kontak darurat di datanya saat pengajuan pinjaman ke sebuah jasa pinjaman online.

Berikut bunyi pesannya pada 1 Maret :

Selamat SIANG pa/bu. Mohon disampaikan kepada Yth ... Hp  ...Untuk segera lakukan pembayaran Hutangnya di Aplikasi IndoSaku, karena ini telah jatuh tempo, mohon disampaikan agar bisa dibayarkan SIANG ini. Sekali mohon kerjasamanya agar bisa disampaikan dan suruh Ybs untk lakukan pembayaran karena Nomor anda dicantumkan sebagai Kontak Darurat di Datanya.  Terimkasih

Berikut bunyi pesannya pada tanggal 2 Maret :

Selamat SIANG pa/bu. Mohon disampaikan kepada Yth  ... Hp ... Untuk segera lakukan pembayaran Hutangnya di Aplikasi IndoSaku, karena ini telah jatuh tempo, mohon disampaikan agar bisa dibayarkan SIANG ini. Sekali mohon kerjasamanya agar bisa disampaikan dan suruh Ybs untk lakukan pembayaran karena Nomor anda dicantumkan sebagai Kontak Darurat di Datanya.  Terimkasih

Lalu disusul pesan berikutnya di hari yang sama :

Bagaimana pak/buk apakah sudah di sampaikan kepada beliau.

Screenshot pesan WA hari kedua dari IndoSaku )Dok. pribadi)
Screenshot pesan WA hari kedua dari IndoSaku )Dok. pribadi)

Dalam pesan tersebut disebutkan nama aplikasi IndoSaku. Jadi saya menyimpulkan nomor tidak dikenal ini adalah nomor pinjol tersebut, dan saya menyimpannya dalam kontak saya dengan nama IndoSaku, sebagai pengingat saya bila saya menerima pesan lagi. Di nomor tersebut juga tercantum bahwa nomor WA tersebut adalah akun bisnis.

Sebenarnya teman saya yang berurusan dengan pinjol IndoSaku ini tidak pernah mengabari saya tentang pencantuman nama saya sebagai kontak darurat. Jadi saya juga cukup kaget ketika mendapat pesan ini.

Saya sebenarnya tidak berkeberatan membantu pinjol apapun itu bila pinjol-pinjol tersebut mengedepankan cara-cara profesional saat menghubungi atau menyampaikan pesan kepada kontak darurat nasabah, termasuk saya.

Bila melihat dari tiga pesan di atas, sepertinya pihak IndoSaku kurang bersikap profesional dalam berkomunikasi dengan pihak luar seperti saya. Jadi, mohon maaf kalau saya tidak akan membalas pesan tersebut.

Perlu diketahui, bahwa nasabah wajib mencantumkan nama dan nomor telepon kontak darurat saat pengajuan kredit kepada jasa keuangan termasuk kepada pinjol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun