Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Menulis untuk mengurangi antrean ide dalam kepala

Email: berlianamartha@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Tanpa Kursus, Begini Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

1 Juni 2021   17:47 Diperbarui: 2 Juni 2021   09:13 2072 59 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanpa Kursus, Begini Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak
Ilustrasi (Sumber : Shutterstock/ Ann in the uk via Kompas.com)

Di era digital ini, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kecakapan bahasa Inggris dan peduli untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Saya sendiri, ketika masih duduk di bangku SD hingga sekolah menengah pertama, saya menganggap belajar bahasa Inggris itu susah.

Hal ini mungkin disebabkan karena media pembelajaran kala itu yang masih sangat minim. Apalagi buat kami yang tinggal di pulau kecil di sisi Pulau Sumatra, akses komunikasi dan transportasi masih sangat terbatas ketika itu.

Tidak ada buku-buku cerita bergambar berbahasa Inggris yang bisa dinikmati anak-anak. Padahal anak-anak bisa tertarik belajar bahasa melalui stimulus gambar dan cerita.

Keadaan mulai berubah ketika saya duduk di bangku SMA. Kala itu saya memiliki satu set media pembelajaran bahasa Inggris, yang terdiri dari 25 kaset tutorial, buku-buku pemandu, komik-komik cerita bergambar yang semuanya mengggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Media pembelajaran ini saya dapatkan dari Ayah yang memesan langsung dari sebuah penerbit di Jakarta.

Setiap ada waktu kosong, di luar wakru belajar dan mengerjakan tugas sekolah, saya rutin belajar bahasa Inggris sendiri dari kaset-kaset dan buku-buku tersebut. Berawal dari sini, saya mulai melihat bahwa bahasa asing satu ini bukanlah bahasa yang ribet dan sulit. Ternyata bahasa Inggris itu mudah dan dapat dipelajari.

Memasuki masa kuliah di IPB, saya pun mulai bersemangat memperdalam bahasa Inggris secara otodidak. Semangat saya terinspirasi dari seorang dosen Biologi yang mengajar saya dan teman-teman pada Tingkat Persiapan Bersama. Seorang dosen muda, berkarisma, dan diam-diam saya kagumi waktu itu, uhuy... hehe...

Dosen ini berkata bahwa beliau tidak pernah mengikuti kursus bahasa Inggris, tetapi bahasa Inggrisnya lancar sekali. Beliau mengatakan bahwa semua proses belajar bahasa Inggris dilakukannya secara otodidak.

Lalu, berbekal sempat mengambil kursus selama 3 bulan di sebuah lembaga bahasa di Kota Bogor, saya semakin mengerti, seperti apa metode belajar yang tepat untuk bisa mahir berbahasa asing dengan cepat dan mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN