Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Berbagi kisah kasih kehidupan

Email: berlianamartha@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Ini Dia, Hari Pertama Kegiatan Belajar di Rumah

17 Maret 2020   00:05 Diperbarui: 17 Maret 2020   09:55 694 39 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia, Hari Pertama Kegiatan Belajar di Rumah
dokumentasi pribadi

Menindaklanjuti keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang meliburkan sekolah selama 2 pekan, hari ini resmi dimulai kegiatan belajar di rumah. Termasuk si ganteng (panggilan sayang), anak saya yang kini duduk di kelas 5 SD. Sementara waktu, saya akan mengambil alih peran guru di sekolah.

Kegiatan hari ini dimulai jam 7 pagi dengan berolahraga menikmati sinar matahari pagi sebanyak mungkin. Si ganteng gowes dengan sepedanya, saya mengiringi dengan berjalan kaki. Cukup jauh tadi kami bergerak, hampir sekitar 2 km pulang pergi. Sempat mampir istirahat dua kali, kami tiba di rumah pukul 9 pagi.

Sembari menunggu kabar selanjutnya dari pihak sekolah, karena telah diinformasikan sebelumnya bahwa pagi ini para guru sedang menyiapkan materi tugas untuk peserta didik, saya biarkan si ganteng bersenang-senang di luar rumah. Menemani kucingnya bermain, juga menjemur ikan cupangnya yang cuma 2 ekor. 

Pukul 11 siang, WA grup orangtua mulai ramai berdenting. Ternyata rekan orangtua murid yang bertindak sebagai koordinator orangtua per kelas telah mengirimkan serangkaian materi tugas pekan pertama, yang diterima dari guru wali kelas. Sedangkan materi tugas untuk pekan kedua, akan diberi menyusul di pekan berikutnya. 

Materi tugas yang diberikan telah dirunut pengerjaannya untuk 5 hari, mulai dari hari Senin sampai Jumat. Karena ada 5 muatan dalam pembelajaran tematik, yaitu IPA, IPS, PPKn, SBdP dan Bahasa Indonesia, maka difokuskan satu hari untuk satu muatan. Dimulai dengan muatan IPA di hari Senin ini. 

Selain itu diberikan juga tugas untuk mata pelajaran agama Katolik (karena sekolah anak saya di bawah naungan yayasan Katolik), berupa lembar kerja siswa dan tugas tambahan untuk membuat kliping.

Tugas untuk pembelajaran tematik akan dikumpulkan pada saat masuk kembali tanggal 30 Maret, juga tugas kliping. Sedangkan hasil tugas mata pelajaran agama Katolik dikumpulkan dengan mengirim melalui email paling lambat hari Jumat, 27 Maret.

Syukurlah si mas ganteng cukup antusias menerima tugas yang banyak ini. Dia langsung menyiapkan buku dan peralatan tulis menulisnya.

Jam 11.30, si ganteng memulai kegiatan belajarnya. Sesekali dia bertanya, kalau ada yang tidak dia mengerti. Sayapun ikut serta membaca sekilas materi pelajarannya. 

Saya juga mengarahkannya untuk berselancar di Google, apabila dia tidak menemukan jawaban tugas, atau merasa kurang puas dengan bacaan yang ada di buku pelajarannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x