Mohon tunggu...
Berliana Dwi Indah Permatasari
Berliana Dwi Indah Permatasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (20107030134)

Aku menikmati hidupku dan aku tahu Allah selalu bersamaku.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Seru Tak Terlupakan

7 Juni 2021   19:17 Diperbarui: 8 Juni 2021   14:38 355
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

annyeong! jadi gais disini saya akan berbagi cerita beberapa tahun lalu tepatnya tahun 2017 akhir tentang pengalaman saya belajar bahasa inggris di kampung inggris, pare.

kampung inggris adalah sebuah tempat les atau kursus untuk belajar bahasa inggris. kampung inggris menjadi pusat tempat belajar bahasa Inggris bagi para pelajar, mahasiswa, maupun umum yang ingin meningkatkan skill bahasa Inggris mereka. seperti halnya tempat belajar, kampung inggris selalu dipenuhi aktivitas orang-orang yang belajar bahasa inggris dari berbagai macam daerah dari seluruh indonesia.

pengalaman saya ini karena diajak oleh salah satu adek ipar tante saya, namanya Dhena. dia asli dan tinggal di jambi. karena, dia pengin pergi ke sana tapi nggak mau sendirian mau ada temannya. akhirnya, saya menemaninya. selain untuk mengisi waktu liburan akhir tahun, juga karena saya ingin menambah ilmu dan mengasah skill saya dalam berbahasa inggris.

sebelum berangkat ke kampung inggris, kita harus memilih lembaga mana yang ingin kita tempati untuk belajar bahasa inggris nantinya. banyak banget loh tenyata lembaga bahasa inggris disana. karena tante saya sudah membaca beberapa artikel tentang lembaga disana dan meminta saran dari temen temen kantornya, tante saya menyarankan lembaga language center. ya! language center merupakan salah satu lembaga yang terkenal sekaligus terbaik di kampung inggris, pare, kediri.

di websitenya lc (language center) sendiri banyak banget pilihan paketnya. ada yang seminggu, dua minggu, sebulan, bahkan ada yang sampai enam bulan. ya, karena waktu liburan akhir tahun hanya dua minggu, akhirnya saya dan saudara saya sepakat untuk memilih paket desember ceria II minggu. harganya waktu itu Rp 1.450.000 sudah include asrama english area, program belajar yang super intensive dengan jumlah 6x pertemuan per hari, kaos LC kampung inggris, modul dan diary, makan 3x sehari, laundry, wisata ke monumen simpang lima gumul, sertifikat, dan tutor pendamping yang ramah, kompeten, dan berpengalaman yang akan menemani dan membimbing kita selama di Asrama.

saya dan dhena bertemu di jogja. kami berangkat pada tanggal 16 desember pukul 02.00 dini hari, naik kereta api dari stasiun lempuyangan menuju stasiun kediri. akhirnya kami tiba di stasiun kediri. kami dijemput dengan drive dari LC yang langsung mengantar kami ke office LC. sesampainya di office, kami segera memberikan berkas berkas yang sudah dipersiapkan sebelumnya. nah dari sini ditentuin kita di asrama mana. saya, dhena, dan nabila (anak jakarta yang bertemu waktu saat registrasi ulang) mendapatkan camp yang sama dengan kamar yang sama pula.

kira kira seperti inilah, jadwal harian paket holiday desember ceria kampung inggris LC :
camp pagi :
04.30-04.50 : sholat shubuh
05.30-06:30 : morning vocabulary
06.30-07.30 : mandi dan persiapan kelas
main class :
08.00-09.30 : speaking 1
09.45-11.15 : speaking 2
11.15-14.00 : rest
14.00-15.30 : pronunciation
15.40-17.10 : grammar
17.10-17.30 : rest
camp malam :
18.30-18.00 : sholat maghrib
18.30-19.30 : dinner & sholat Isya'
19.30-21.00 : checking vocabulary and night expression
21.00 : Sleep

sesampainya di office, disana kami dikumpulkan menjadi satu khusus untuk yang mengambil program desember ceria, ternyata banyak banget yang mengambil program ini ada 1000-an anak. dari mulai sd, smp, sma, bahkan anak gap year. tetapi, untuk pembagian kelasnya sendiri seperti main class dan morning & night class sesuai tingkatan, maksudnya jika kamu sudah sma maka akan satu kelas sama anak sma juga. disanalah diadakan welcome party, tetapi sebelum acara tersebut kami harus mengisi lembar soal untuk menentukan pembagian kelas. Setelah selesai, lalu pembukaan welcome party, sumpah gokil banget sih ini seru parah!

hari pertama, setelah selesai sholat subuh lalu camp pagi untuk morning vocabulary. kelas vocab dibagi menjadi tiga kelas, satu kelas terdiri dari 25 anak. saya, dhena, dan nabila mendapatkan kelas yang berbeda. setelah selesai, lalu kami bersiap siap untuk pergi ke office. jarak antara camp dengan office sekitar 10 menit, kami berangkat menggunakan sepeda (sepedanya sewa sendiri ya gais bukan fasilitas).

singkat cerita, untuk morning class dan night class saya dibimbing oleh miss evri dan didampingi tutor yang lain. miss evri orangnya sedikit kalem tapi ngajarnya mudah dipahami. sering ngajak games jadi kita bisa cepat langsung akrab satu sama lain. untuk main class, ini kelasnya beda lagi dengan morning dan night class. saya masuk ke dalam kelas DC-C10. saya sekelas sama temen temen dari kelas 'morning dan night class' namanya aryani dari semarang, biandra dari kebumen, dan shofia dari lamongan.

main class pertama yaitu about speaking. dibimbing oleh miss firda yang cara ngajarnya tegas tapi friendly, mudah dipahami juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun