Mohon tunggu...
Berliana Asa
Berliana Asa Mohon Tunggu... Atas nama sya pribadi mendaftarakan diri sebagai menambah wawsan

Bermanfaat untuk orang lain

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Masa Pandemi Covid-19, Tips Orangtua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah

25 September 2020   10:50 Diperbarui: 25 September 2020   10:58 31 1 0 Mohon Tunggu...

Wabah global telah melanda dunia, begitu pula yg terjadi di Indonesia, sehingga program stay at home dilaksanakan sbg upaya menekan perluasan covid-19.
"bagaimana cara orang tua mendampingi anak belajar dari rumah?

Mendampingi anak belajar dari rumah, sambil orangtua mengerjakan pekerjaan yang harus diselesaikan dari kantor atau dari rumah memang menjadi tantangan tersendiri. Yang perlu dingat adalah orangtua di rumah bukan untuk menggantikan semua peran guru di sekolah. Untuk mendapatkan ide cara mendampingi yang efektif, orangtua dapat menerapkan panduan mendampingi anak belajar dari rumah dengan teknik MIKIR yang dikembangkan Program PINTAR Tanoto Foundation berikut.

Membuat jadwal dan aturan bersama

Ingatkan anak tentang aturan dan jadwal yang akan dibuat bersama merupakan tanggung jawab setiap anak dan tanggung jawab bersama untuk mengikutinya. Membantu anak membuat jadwal kegiatan bukan berarti membuatkan jadwal untuk anak,  namun memberikan kesempatan anak untuk membuat jadwal mereka sendiri. Hal ini membantu anak bertanggung jawab terhadap semua rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari berjalan.

Berikanlah waktu kepada anak untuk mengingat kembali apa yang harus dikerjakan secara harian. Tuliskan dan tempelkan jadwal kegiatan yang sudah dibuat anak di tempat yang mudah terlihat.

Diskusikan atau beri kesempatan anak untuk membuat dua opsi kegiatan sehingga ada pilihan kegiatan yang bisa dijalankan.

Ide Kegiatan

Bantu anak dengan ide kegiatan bila anak bingung menuliskan kegiatan yang akan dilakukan. Jika anak kesulitan menemukan ide kegiatan, bantu mereka dengan menyebutkan beberapa hal yang bisa dilakukan selain mengerjakan tugas dari sekolah. Misalnya,

Kegiatan Rutin Harian (Mandi pagi, sarapan, dan berdoa).
Kegiatan Belajar (Mengingatkan apa yang harus dikerjakan anak di rumah sesuai tugas yang diterbikan guru).
Kegiatan Fisika (Olahraga ringan, membersihkan halaman, membersihkan rumah atau kamar sendiri, membersihkan alat pribadi (seperti mencuci piring dan gelas setelah makan).
Kegiatan Lain (Membaca buku, bermain musik, menulis jurnal harian, bermain games, membantu orang lain di tengah wabah Covid-19 seperti memberikan makanan untuk yang memerlukan, mengumpulkan uang saku untuk sumbangan, dsb).

Komunikasi Positif

Bangun hubungan yang positif dan selalu bertanya dengan positif terutama ketika anak akan memulai sebuah kegiatan.
Tanyakan kepada anak: Apa yang bisa dibantu?  Bantulah anak untuk memahami apa yang harus dikerjakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN