Mohon tunggu...
Berbagai Tips
Berbagai Tips Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Berbagai Tips Membedakan Oli Asli Atau Palsu

19 Februari 2019   14:54 Diperbarui: 19 Februari 2019   16:32 224 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berbagai Tips Membedakan Oli Asli Atau Palsu
Cara membedakan oli (berbagaitips.com)

BERBAGAITIPS -- Fungsi semua jenis oli pada dasarnya adalah sama yaitu sebagai pelumas agar mesin tetap berjalan mulus, bebas gangguan, pendingin, dan penyekat. Dengan banyaknya jenis oli mesin yang bermunculan saat ini, pentingnya Anda tahu bagaimana cara membedakan oli asli ataupun palsu.

Oli palsu sangat merugikan pengguna yang dapat merusak mesin kendaraan. Padahal Anda mengganti oli dengan tujuan untuk merawat mesin kendaraan itu sendiri. Pertamina memberikan tips bagaimana cara membedakan oli asli dan palsu. Secara kasat mata, bisa diketahui bahwasannya oli itu asli atau palsu dari kemasannya. Misalnya dengan melihat nomor batch atau nomor urut yang disesuaikan dengan produksi pelumas dalam setahun.

Cara Membedakan Oli

"Untuk eluas dalam drum, nomor batch atau nomor urutnya dicetak pada atas dan body drum dengan sablon. Sedangkan untuk pelumas dalam botol ada pada leher dan tutup botol dicetak dengan laser. Keduanya harus sama. Untuk pelumas dalam IBC dan ISO Tank pada label masing-masing", tulis Pertamina.

Cara membedakan oli (berbagaitips.com)
Cara membedakan oli (berbagaitips.com)
Nah, tidak hanya itu saja. Bisa Anda lihat saat membeli oli dalam botol. Nomor batch atau nomor urutnya itu antara leher dan tutup botol dicetak dengan sejajar dan kedua nomor tersebut haruslah sama. Bila ada yang berbeda, maka oli tersebut dapat dikatakan oli palsu.

Untuk membedakan oli asli atau palsu, dapat dilihat pengaman atau seal di kemasannya. Semua pengaman produk oli asli ada pada tutup dan ada logo Pertamina di belakang stiker label.

Cara membedakan oli (berbagaitips.com)
Cara membedakan oli (berbagaitips.com)
"Untuk peluma sdalam botol ada cap pengaman yang akan rusak jika dibuka. Disamping itu masih ada alumunium foil yang juka akan rusak jika dibuka", ucap Pertamina.

Alangkah baiknya Anda benar-benar memerhatikan oli tersebut asli atau palsu saat melakukan pergantian oli. Anda bukannya akan merawat mesin kendaraan Anda malah Anda akan menghancurkan mesin kendaraan Anda.

Cara membedakan oli (berbagaitips.com)
Cara membedakan oli (berbagaitips.com)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan