Mohon tunggu...
Beny Saeful
Beny Saeful Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Ini Dia 7 Tanda "Smartphone" Kamu Kena "Hack"

20 September 2017   04:47 Diperbarui: 20 September 2017   09:52 2211 1 1 Mohon Tunggu...

DI era serba digital dan terkoneksi ke jaringan internet saat ini, sangat rentan berbagai gadget terutama smartphone terkena hack dan penyadapan. Kasus kejahatan hacking dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dari mulai kasus hacking akun media sosial sampai kasus hack yang meminta dana. Jadi setidaknya kita harus tetap waspada dari ancaman hacker, siapa yang tahu ternyata tanpa sepengetahuan kita diam-diam smartphone sudah disadap oleh hacker. Berikut ini pertanda kemungkinan smartphone kamu disadap hacker !

Tanda-tanda Smartphone tersadap

1. Terdapat aplikasi aneh dan tidak dikenal


Hal yang biasanya terjadi pada kasus smartphone, hacker memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Hebatnya, hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut. Untuk mengakalinya, coba cek di menu Settings - Apps atau Application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi aneh di smartphone kamu. Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu instal sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri datamu.


2. Kuota internat mendadak boros

Hati-hati juga bila smartphone kamu mendadak boros kuota. Hal ini karena hacker biasanya menanamkan aplikasi asing tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu. Selain bikin budget kuota kamu habis, data penting mu bisa dicuri secara diam-diam.

3. Smartphone seringkali low batre

Untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang diinstal oleh hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya smartphone kamu pasti jadi gampang panas dan baterainya jadi boros. Coba cek pemakaian bateraimu. Jika ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi memang smartphone kamu disadap orang.

4. Komunikasi sering kacau dan terdapat suara aneh

Pernah gak saat kamu sedang nelpon, tiba-tiba selalu terdengar suara bising atau kresek-kresek? Jika suara itu hanya terdengar di kamu, sementara di lawan bicara normal, kamu wjaib curiga jika panggilan kamu disadap.

5. Loading lama tidak seperti biasanya

Sering ngerasa smartphone kamu lama loading alias lemot saat menjalankan padahal hanya menjalankan aplikasi ringan saja, bisa jadi ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain. Kebayang kan saat kamu chatting, ternyata di saat yang sama aplikasi mata-mata yang terinstal juga ikut bekerja, untuk memantau aktivitas pribadi dan bisnis kamu.

6. Banyak gangguan Pop-up iklan

Beberapa aplikasi untuk menyadap smartphone ada yang tidak bisa berjalan otomatis. Ada yang menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika iklan tersebut di-klik, maka aplikasi mata-mata tersebut akan aktif.

7. Lokasi Smartphone Sering Aktif

Kemudian setting lokasi smartphone mendadak aktif, hal ini karena para hacker satu tujuan orang menyadap smartphone adalah untuk mengetahui lokasi. Karena itu, jika tiba-tiba pengaturan lokasi smartphone kamu aktif (saat biasanya dimatikan), bisa jadi ada aplikasi yang memaksa lokasi aktif. Atau mungkin kamu sedang disadap.


sumber :
http://cdn2.tstatic.net/style/foto/bank/images/ilustrasi_20161231_111120.jpg
https://jalantikus.com/tips/ciri-ciri-smartphone-disadap/
http://www.urgent.id/

VIDEO PILIHAN