Mohon tunggu...
Benito Rio Avianto
Benito Rio Avianto Mohon Tunggu... Dosen - Ekonom, Statistisi, Pengamat ASEAN, Alumni STIS dan UGM
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Blogger, Conten Creator, You Tuber. Stay di Jakarta, tertarik dengan isu Ekonomi ASEAN dan perekonomian global. Aktif menulis di beberapa media. Menyukai pergaulan dan komunitas internasional. Berharap sumbangan pemikiran untuk kemaslahatan bangsa. Bersama Indonesia ASEAN kuat, bersama ASEAN Indonesia maju. https://www.youtube.com/watch?v=Y95_YN2Sysc

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Global Megatrend 2022: Perubahan yang Akan Menentukan Masa Depan (Series: I)

3 Agustus 2022   15:45 Diperbarui: 3 Agustus 2022   15:46 877 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Metaverse. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Global Megatrends 2022: Perubahan-perubahan yang akan Menentukan Masa Depan

Dunia seperti yang kita kenal sekarang sedang mengalami perubahan besar-besaran, didorong oleh serangkaian kekuatan transformasional yang dikenal sebagai megatren. Dengan memeriksa bagaimana megatren ini berkembang saat ini --- dari penuaan populasi yang terjdi di seluruh dunia (salah satu yang terparah terjadi di Jepang) dan perubahan iklim hingga globalisasi dan gangguan (disruptive) teknologi --- kita dapat mengantisipasi akan ada perubahan yang terjadi secara dramatis selama beberapa dekade mendatang.

Megatren adalah pola perubahan transformatif berskala besar dan tahan lama yang memiliki dampak mendasar pada planet dan penghuninya. Saat kita memasuki masyarakat global yang semakin terhubung dan bergerak cepat, dunia menjadi tidak pasti dan tidak dapat diprediksi. Namun, jika kita meneliti dinamika kompleks megatren global, kita akan dapat menyimpulkan dunia masa depan secara luas. Memetakan masa depan adalah pekerjaan yang berisiko, tetapi tidak melakukan apa pun bahkan lebih berisiko.

Megatren, perubahan global dan jangka panjang dalam nilai dan kebiasaan masyarakat, menentukan perkembangan sosial. Futurolog Matthias Horx pernah menyebut megatren "sebagai sebuah longsoran dalam gerakan lambat". Menurut definisinya, tren adalah megatren jika ada selama lebih dari 25 tahun atau lebih, yang terjadi secara global atau setidaknya berskala internasional, dan berdampak pada banyak bidang kehidupan diberbagai sektor.

Megatren adalah arus perubahan sosial yang mendalam dalam kebiasaan, perilaku, dan moral. Tidak seperti mode, mereka tidak dapat diciptakan atau dipengaruhi, karena mereka berkembang dari masyarakat dalam berbagai dimensi. Future Institute yang didirikan oleh Horx saat ini melihat berbagai megatrend diantaranya: individualisasi, pergeseran gender, masyarakat perak, budaya pengetahuan, pekerjaan baru, kesehatan, neo-ekologi, konektivitas, globalisasi, urbanisasi, mobilitas, dan keamanan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan