Mohon tunggu...
Benito Rio Avianto
Benito Rio Avianto Mohon Tunggu... Dosen - Ekonom, Statistisi, Pengamat ASEAN, Alumni STIS dan UGM
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Blogger, Conten Creator, You Tuber. Stay di Jakarta, tertarik dengan isu Ekonomi ASEAN dan perekonomian global. Aktif menulis di beberapa media. Menyukai pergaulan dan komunitas internasional. Berharap sumbangan pemikiran untuk kemaslahatan bangsa. Bersama Indonesia ASEAN kuat, bersama ASEAN Indonesia maju. https://www.youtube.com/watch?v=Y95_YN2Sysc

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

ASEAN Chairmanship 2023, Menyambut Keanggotaan Timor Leste

21 Juli 2022   08:23 Diperbarui: 22 Juli 2022   16:45 703 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi peran penting Indonesia di ASEAN(freepik.com/jm1366) 

Legacy Indonesia dalam Menjaga Keutuhan Wilayah Asia Tenggara

Timor Leste sangat berharap dapat bergabung dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun depan (2023) pada saat momentum Keketuaan ASEAN-Indonesia. 

Bila hal ini terwujud, maka akan menjadi legacy bagi kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun 2023. Pemerintah Timor Leste menyatakan bahwa negaranya telah berusaha untuk memenuhi semua persyaratan untuk menjadi anggota terbaru ASEAN. 

Hal tersebut disampaikan pada kunjungan Presiden Ramos Horta ke Indonesia, 19 Juli 2022. Ramos Horta berharap presiden Joko Widodo memberi dukungan dan memaksimalkan perannya sebagai ketua ASEAN tahun depan untuk mempercepat penerimaan Timor Timur sebagai anggota ke-11 ASEAN.

Timor Leste telah mengajukan keanggotaan ASEAN sejak 12 tahun yang lalu ketika Indonesia memegang kursi Keketuaan pada tahun 2011 di jaman Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun keinginan tersebut belum sepenuhnya mendapat persetujuan dari 10 Negara Anggota ASEAN, terutama mempertimbangkan kesiapan Timor Leste dari sisi ekonomi. 

Pasalnya, dalam Piagam ASEAN menyatakan bahwa calon anggota harus diakui dan mendapat persetujuan oleh semua negara anggota.

Dilihat dari sisi kepentingan keamanan dan geopolitik, kedua faktor tersebut menjadi motivasi utama Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN. 

Sebab, dengan bergabung di ASEAN, maka negara kecil seperti Timor Leste akan meningkatkan kapasitas ekonominya sekaligus memberikan kontribusi untuk memperbaiki risiko keamanan regional melalui pengaturan keamanan secara kolektif.

Timor Leste memandang keanggotaan ASEAN sebagai kesempatan penting untuk memajukan rekonsiliasi nasional dan konsolidasi perdamaian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan