Mohon tunggu...
Swarna
Swarna Mohon Tunggu... Lainnya - mengetik 😊

🌾Mantra Terindah🌿

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Setelah Tahu Resep Sederhana dan Mudah Ini, Anda Pasti Sering Membuat Roti Sendiri

1 September 2021   20:20 Diperbarui: 3 September 2021   12:07 7744
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Roti empuk. Foto: milik Swarna

Cerita ringan yang sudah lama tersimpan di catatan saya dan baru telihat saat saya buka-buka untuk membaca. Ya, daripada cuma saya pamerkan di story medsos gambarnya, tidak ada salahnya saya berbagi resep dengan teman-teman dan para pecinta kuliner di sini.

Sudah lama saya ingin membuat cemilan roti sendiri, biasa ..., ibu harus hemat dan cermat.
Saya mencoba dari membuat donat, selalu gagal. 

Sampai diajari tetangga (belum kenal medsos kuliner), tetap gagal. Memang lebih gampang membuat gimbal tempe dan bolu, apa lagi kue kering. Tapi yang namanya penasaran, selalu akan dikejar, itu pasti (asal terjangkau).

Cerita saya pertama kali membuat roti karena ingin menikmati bread cheese garlic, memanggang dengan oven tangkring yang sudah tidak fit. Beberapa kali membuat dengan panduan resep dari ahli kuliner di YouTube, masih belum empuk juga. Ternyata ovennya minta ganti.

Yang saya cari selalu resep yang mudah dan bahan ada di jual di toko terdekat. Dapat! menemukan resep yang cocok, sederhana nan irit  dengan hasil empuk. Dari resep ini saya biasa membuatkan anak-anak roti manis, Garlic Bread, burger-burger-an dan pizza ala-ala kapan pun mereka minta.

Tanpa ulen yang berat hanya aduk-aduk pakai supit atau spatula saja empuk, yang penting tepungnya protein tinggi, tidak lawas dan apek, raginya bagus, juga oven harus prima meskipun oven tangkring. Saya juga pernah memakai panci serba guna, yang bahan dari baja tebal.

Dari tutorial resep yang saya ambil tidak ada judulnya sih, kalau saya buat cemilan untuk olahan roti tinggal diberi nama saja sesuaikan bahannya.

Ini beberapa roti yang sudah sering saya buat, tapi baru sekarang saya sempat menuliskan di sini. Yang bisa saya katakan adalah, semudah ini kok, tidak ribet lagi seperti dulu yang alot ngulen atau memakai mixer.

Beberapa hasil ngeroti resep rumahan

Ngeroti/ foto swarna
Ngeroti/ foto swarna

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun