Mohon tunggu...
Swarna
Swarna Mohon Tunggu... Lainnya - mengetik 😊

🌾Mantra Terindah🌿

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Merdeka di Rumah dengan Lomba Sederhana, Agar Tak Mati Gaya

14 Agustus 2021   10:03 Diperbarui: 14 Agustus 2021   10:16 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto diolah dari foto Swarna dan https://pin.it/5MDiEro

Min,  kok tahu sih aku ada rencana mengadakan lomba sekeluarga saja. Rencana saya adakan besok tanggal 15, 16, dan 17.  Mau bikin yang sederhana saja yang penting ada kenangan merayakan HUT RI.

Lomba-lomba ketika 17 Agustus itu sangat penting buat anak-anak, sayang sekali kalau sampai tidak terlaksana. Jangankan anak-anak semua usia senang kalau ada lomba 17-an.

Tahun lalu masih ada lomba virtual di RW, nah sekarang saya kurang tahu, mungkin masih menikmati suasana PPKM level 4. Akhir bulan kemarin ada ide ingin mengadakan sendiri sama keluarga. Dibikin asik saja lombanya.  

Rencananya lomba buat anak-anak saya,  membuat puisi,  menggambar, menghias ruangan penuh rasa merah putih, membuat handmade, dakon hehehe.  Tapi kalau sekiranya nanti ada ide lomba dari rakyat kecil saya pasti akan ditambahkan. 

Hadiah, dalam bentuk uang jajan saja pasti mereka senang. Saya bisa merasakan dua tahun terasa beku dalam memperingati HUT RI, biasanya mereka ada upacara, lomba sekampung, pentas seni dan sebagainya. Sekarang jadi sunyi,  seperti mati gaya, kalau saya masih bisa ikut kegiatan virtual di komunitas menulis, tapi kalau anak-anak kasihan bila berasa zonk. 

HUT RI itu bagi anak-anak ibarat hari raya,  tradisi penuh suka cita menikmati merdeka. Bagi mereka merdeka itu sederhana, tertawa terbahak,  bermain dengan teman sebaya, mengejar layang-layang putus penuh suka ria. 

Bagi mereka merdeka itu tanpa tapi,  merdeka itu tidak dalam tanda tanya, mereka berusaha gembira. Sederhana kok bagaimana mengajarkan merdeka pada mereka, jangan pernah menjajah! Agar gembira itu ada.  

Ayolah, menyambut HUT RI ke 76 ini tetap meriah dengan rakyat kecil di rumah. 

Tunggu ya cerita saya saat lomba bersama rakyat kecil saya di rumah. 

Tsm,  14 Agustus 2021

Swarnahati

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun