Mohon tunggu...
Swarna
Swarna Mohon Tunggu... Lainnya - orang biasa

Setelah 2 tahun lebih ­čśé

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Berkenalan dengan "Loose Parts", Metode yang Memancing Anak Usia Dini Belajar Tanpa Batas

24 Juli 2021   13:59 Diperbarui: 25 Juli 2021   14:27 350 25 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkenalan dengan "Loose Parts", Metode yang Memancing Anak Usia Dini Belajar Tanpa Batas
tangkap layar dari laman facebook penulis

PPKM masih berlanjut, kabarnya masih akan diperpanjang. Tentu ada yang hilang dari masa keemasan anak-anak, ketika harus bertumbuh dan berkembang, mereka hanya bisa belajar dari lingkungan yang kecil, yaitu rumah.

Sebagian orangtua mungkin oke saja menghadapi kenyataan bahwa anak mereka harus belajar dari rumah, sebagian lagi pasti resah, banyak alasan yang melandasi kecemasan orangtua bila anak-anak mereka yang dalam masa perkembangan pentingnya akan terlewati begitu saja.

Tidak ada keseruan bermain bersama teman baru,  tidak mengalami hal yang rumit saat harus belajar di sekolah, belajar bersosialisasi juga terhambat.  Kebosanan antara orangtua dan anak akan timbul, karena ada kesulitan dalam mengajari mereka. Belum lagi persoalan lainnya dalam rumah.

Lantas apa sekiranya yang bisa, diajarkan orangtua sebagai stimulus pada anak usia dini mereka ketika harus belajar di rumah,  agar daya imajinasi, kognitif, verbal atau linguistik, emosional, dan daya kreasinya berkembang. Tentu pengajar atau guru akan berusaha mencarikan solusi bagaimana anak-anak bisa merdeka belajar,  belajar tanpa batas dengan menyenangkan dan nyaman bersama orangtua mereka tanpa harus merasa terbebani.

Salah satu metode yang baru saja saya peroleh dari sebuah pelatihan virtual, sangat menarik dan bagus diterapkan pada anak usia dini,  metode ini adalah Loose Parts. Loose Parts merupakan sebuah permainan yang menggunakan bahan yang dapat dipindahkan, dibawa,  digabungkan, dirancang ulang, disejajarkan, dipisahkan, dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Bahan tersebut adalah bahan yang bisa digunakan dengan bahan mandiri atau digabung dengan bahan lain. (Workshop virtual, 17 Juli 2021)
 
Ini alasan mengapa perlu berkenalan dengan Loose Parts sebagai metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan untuk anak usia dini, baik dalam pembelajaran tatap muka maupun belajar dari rumah.

1. Hemat

Bahan yang digunakan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar, baik itu barang yang masih bisa dipakai juga barang bekas

2. Mudah

Permainan ini hanya membutuhkan imajinasi dan kreasi anak. Dengan menyusun dan menyatukan sedemikian rupa, menjadi bentuk tertentu.

3. Bermanfaat bagi perkembangan aspek Anak Usia Dini, antara lain:

* mengembangkan daya kreasi, daya pikir anak
* mengembangkan daya imajinasi dan teknologi
* meningkatkan kemampuan visualisasi
* meningkatkan kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi
* meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN