Mohon tunggu...
Swarna
Swarna Mohon Tunggu... orang biasa

Belajar merangkai kata

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Berbagai Cara Menyambut Tahun Ajaran Baru di Saat Pandemi

13 Juli 2020   17:03 Diperbarui: 13 Juli 2020   16:58 23 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagai Cara Menyambut Tahun Ajaran Baru di Saat Pandemi
Pixabay

Pagiku cerahku, matahari bersinar
Kugendong tas merahku,  di pundak
Selamat pagi semua kunantikan dirimu di depan kelasku menantikan kami


Lagu  yang akan selalu menggema di berbagai sekolah Taman kanak-kanak juga sekolah dasar itu sementara disimpan rapi dulu.
Pasalnya murid -murid tahun ajaran baru 2020-2021 belum bisa menikmati ceria dan bahagianya menikmati jenjang sekolah baru. Sedih sekali ya.

Berbagai cara dilakukan agar siswa baru bisa merasa senang.  Seperti yang dilakukan salah satu TK Anak Saleh di Malang,  melakukan perkenalan sekolah pada siswa baru juga pengobat rasa rindu bagi siswa lama,  dengan cara menyapa guru dwngan model drive thrue.

Murid yang diantar orang tua dengan kendaraan roda dua atau roda empat masuk ke halaman sekolah dan melewati barisan guru,  lalu menyapa, mberi salam dan mendapat balon, setelah itu langsung keluar lokasi sekolah atau pulang.

Cara ini dilakukan dengan pembagian kelas, mereka hadir secara bergantian sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Cara ini sudah disampaikan sebulan sebelumny. Hal ini dilakukan hanya untuk memperlihatkan dan mberi motivasi belajar pada anak-anak,  agar mereka merasa saat ini sudah dimulai lagi belajar,  walau nanti prakteknya masih daring,  atau online. Rekomemded sekali ini buat lembaga PAUD lainnya.

Pixabay
Pixabay
Di sebuah sekolah dasar negeri,  penyambutan tahun ajaran baru,  dengan melaksakanan perkenalan kelas baru hanya dengan wali kelasnya melalui video call yang dibagi dalam beberapa sesi karena VC menggunakan WA hanya muat delapan percakapan saja.

Tahun ajaran baru kali ini memang menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,  akibat pandemi yang masih ada disekitar kita. Terutama daerah Jawa Timur dibeberapa wilayah baik kabupaten maupun kodya masih berwarna merah.
Oleh karena itu kegiatan belajar mengajar mau tak mau menggunakan metode daring.

Ada juga sebuah Sekolah menengah yang muridnya datang ke sekolah di tgl 13 ini, mereka murid baru, hanya datang sebentar untuk mengenal lingkungan sekolah. Ketika sekolah nanti ruang kelas sudah diatur sedemikian rupa,  yaitu satu bangku yang biasanya untuk dua anak diisi satu anak. Semoga mereka bisa menyesuaikan di era peradaban baru ini, dengan kebiasaan baru dalam belajar. 
Pixabay
Pixabay
Tahun ajaran kali ini memang mengukir kisah dalam sejarah pendidikan.
Semoga semua bisa diatasi, dan bisa kembali bersekolah seperti sediakala.


Salam Hangat
Senin,  13 Juli 2020
_______________
*Sumber kabar dari sekitar dan Kompas TV

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x