Mohon tunggu...
Benidiktus Himang
Benidiktus Himang Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Informatika, di salah satu kota di Indonesia. I like E-sports Games, Mobile legends etc, https://www.s.id/himang

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Mengejar Gelombang Kemakmuran

13 November 2023   07:26 Diperbarui: 13 November 2023   07:32 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Mengejar Gelombang Kemakmuran: Potensi Ekonomi Kelautan untuk Nelayan Indonesia

Indonesia, dengan garis pantainya yang membentang lebih dari 54.000 kilometer, memiliki potensi kelautan yang luar biasa. 

Namun, ironisnya, nelayan kecil seringkali terpinggirkan dari manisnya ekonomi kelautan. Bagaimana kita dapat memastikan mereka mendapat bagian dari "kue" ekonomi ini?


Sektor Pariwisata: Ombak Baru untuk Nelayan Kecil

Pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan. Dengan keindahan alam bawah laut dan keanekaragaman hayati, Indonesia bisa menjadi tujuan wisata bahari kelas dunia. 

Sektor ini tidak hanya menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, tapi juga memberikan nilai tambah ekonomi yang signifikan.

Namun, pariwisata bukan tanpa tantangan. Kuncinya adalah pengelolaan yang berkelanjutan. Kita harus memastikan bahwa pariwisata tidak merusak ekosistem laut, sekaligus memberdayakan masyarakat lokal.

Pengalaman di Pesisir: Pelajaran Berharga

Saat berkunjung ke pesisir, saya menyaksikan langsung bagaimana nelayan kecil berjuang. Mereka bergantung pada laut untuk hidup, namun sering kali mereka tidak memiliki akses ke teknologi atau modal yang memadai. Mereka juga berhadapan dengan kompetisi dari perusahaan besar.


Langkah ke Depan: Mengintegrasikan Nelayan Kecil dalam Ekonomi Kelautan

1. Pemberdayaan Nelayan Kecil: Pendidikan dan pelatihan adalah kunci. Nelayan perlu dibekali dengan pengetahuan tentang teknik penangkapan ikan yang berkelanjutan, serta pengolahan dan pemasaran hasil laut.

2. Akses ke Teknologi: Memperkenalkan teknologi penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan efisien, serta teknologi informasi untuk membantu mereka dalam mengakses pasar.

3. Kebijakan yang Mendukung: Pemerintah harus menciptakan kebijakan yang mendukung nelayan kecil, seperti akses ke kredit yang mudah dan dukungan dalam sertifikasi produk.

4. Sinergi dengan Sektor Pariwisata: Kolaborasi antara nelayan dan pengusaha pariwisata bisa membuka peluang baru. Nelayan bisa terlibat dalam menyediakan pengalaman wisata bahari, seperti menyelam, memancing, dan wisata edukasi.

Kesimpulan: Navigasi Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Pengembangan ekonomi kelautan Indonesia harus inklusif, mengutamakan keberlanjutan, dan memberdayakan nelayan kecil. 

Dengan pendekatan yang tepat, nelayan Indonesia bisa menikmati manisnya ekonomi kelautan, sekaligus menjaga kelestarian laut yang merupakan warisan berharga bangsa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun