Mohon tunggu...
Benediktus Adi
Benediktus Adi Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakrta

Mulai Aja Dulu

Selanjutnya

Tutup

Media

Kantor Berita Antara: Kantor Berita Milik Indonesia

25 September 2020   20:02 Diperbarui: 3 Oktober 2020   00:07 110 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kantor Berita Antara: Kantor Berita Milik Indonesia
Kantor Berita Antara Indonesia

            Kantor berita atau News Agency yang merupakan sebuah organisasi atau lembaga jurnalis yang bertugas untuk mengumpulkan berita dan kemudian dijual ke organisasi, perusahaan, ataupun lembaga pemberitaan baik berupa media cetak contohnya seperti surat kabar dan majalah ataupun bisa dalam bentuk elektronik sepeti situs berita online, siaran radio dan televisi. Untuk tiga kantor berita terbesar saat ini adalah Kantor Berita Amerika Serikat yaitu Associated Press (AP), Kantor Berita Inggris yaitu Reuters/The Press Association (PA), dan Agence France Presse (AFP) (Dickson, 2020).

            Di Indonesia juga memiliki kantor berita internasional, yaitu Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN Antara) yang didirikan pada tanggal 13 Desember 1937. Pada tanggal tersebut buletin pertama Antara terbit, dan tokoh pendiri Kantor Berita Antara yaitu Mr. Soemanang sebagai pemimpin redaktur, Adam Malik wakil pemimpin redaktur, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena sebagai redaktur. Ke emat tokoh ini dikenal sebagai Founding Fathers Kantor Berita Antara (tirto.id, 2018).

            Kantor Berita Antara ini lahir karena ketidakpuasan pemberitaan tentang peristiwa di Hindia-Belanda yang terutama mengenai kehidupan sosial politik pada masyarakat Indonesia yang pada saat itu disiarkan oleh ANETA (Algemeen Nieuws en Telegraaf Agentschap) yang merupakan kantor berita Belanda pada saat itu. Kantor Berita Belanda tersebut menyebarkan hasil liputannya tidak hanya di Hindia Belanda saja, namun juga sampai Eropa. Bahkan Aneta sering tidak memberitakan peristiwa politik yang sedang terjadi di Indonesia.

            Pada tanggal 24 September 1962, melalui Keputusan Presiden No. 307 tahun 1962 Kantor Berita Antara resmi menjadi lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN Antara). Agar dapat memanfaatkan sebagai peluang bisnis untuk menghadapi konvergensi media, dan dapat mengemban tugas pencerdasan negara, maka pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengubah status LKBN Antara ini menjadi Perusahaan Umum di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tanggal 18 Juli 2007 melalui Peraturan Pemerintah (PP) 40/2007 (Muhsi, 2014).

            Kantor Berita Antara yang awalnya menyampaikan berita melalui satelit dan buletin cetak, lalu pada tahun 1976 pengiriman berita ini sudah menggunakan sistem teleteks yang merupakan pengiriman sinyal berupa gambar dan suara dengan memanfaatkan garis televisi, dan kemudian baru menggunakan sistem komputer. Berita ini dikirimkan kepada media massa seperti koran, radio dan televisi.

            Antara juga menjalin kerja sama komersial maupun non-komersial dengan beberapa kantor berita di seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi global. Kantor Berita Antara memiliki target 700-1000 berita per harinya. Hasil liputan dari wartawan Antara, disebarluaskan setiap harinya melalui teknologi komunikasi seperti VSAT dan DVB dan teknologi berbasis internet seperti web, email dan FTP.

            Sama seperti kantor berita pada umumnya di setiap negara, Kantor Berita Antara tentunya juga meliput dan menyebarluaskan informasi berita dengan akurat dan cepat ke seluruh wilayah Indonesia dan juga dunia internasional. Saat ini Kantor Berita Antara sedang melakukan diversifikasi (untuk memaksimalkan keuntungan dan mengatasi krisis ekonomi perusahaan) produk untuk publik, baik melalui portal berita online yaitu antaranews.com, maupun berita daerah yang bisa juga diakses secara online. Layanan Antara ini meliputi beberapa produksi seperti teks berita, foto dan multimedia sebagai bisnis inti.

Tottenham Menang atas Shkendija menuju playoff
Tottenham Menang atas Shkendija menuju playoff

Milan singkirkan Glimt menuju playoff Liga Eropa
Milan singkirkan Glimt menuju playoff Liga Eropa

            Dari beberapa berita yang cukup intens tampil di beranda berita online antarmews.com bisa dilihat bahwa Kantor Berita Antara mengeluarkan hasil liputan pada tanggal yang sama dan dalam kurun waktu kurang dari 30 menit, mereka meliput 5 berita olahraga sepak bola. Memang perbedaan waktu yang cukup jauh dengan Eropa, menjadikan pertandingan sepak bola yang disiarkan Indonesia berada direntang waktu pukul 23.00-04.00 WIB. Maka berita mengenai sepak bola di Indonesia biasanya hadir di pagi hari.

Saham Inggris ditutup merosot
Saham Inggris ditutup merosot

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x