Mohon tunggu...
Benedictus Adithia
Benedictus Adithia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Ben mendefinisikan dirinya sebagai multiplatform storyteller, mencoba mengemas sebuah isu menjadi laporan mendalam berbasis jurnalistik menggunakan pendekatan informasi data sumber terbuka. Follow me on Instagram: @benedictus._

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

6 Tips Menyusun Latar Belakang Penelitian untuk Mahasiswa Skripsi

14 November 2023   16:39 Diperbarui: 21 November 2023   15:37 435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips Menyusun Latar Belakang Penelitian. (Freepik.com/@drobotdean)

Halo rekan-rekan mahasiswa yang sedang berjuang dalam menyelesaikan skripsi

Saya ingin berbagi beberapa tips tentang penyusunan latar belakang penelitian. Mungkin sama seperti saya, kalian juga merasa bingung ketika harus memulai dari mana untuk menyusun latar belakang penelitian.

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi beberapa tips yang mungkin bisa membantu menjawab kebingungan kalian.

Apa itu Latar Belakang Penelitian?

Latar belakang penelitian merupakan bagian penting dari suatu karya penelitian yang memberikan gambaran mendalam mengenai substansi masalah yang menjadi fokus penelitian. 

Informasi yang terdapat dalam latar belakang penelitian berasal dari pemahaman peneliti terhadap fenomena, peristiwa, atau masalah yang memerlukan investigasi lebih lanjut. 

Latar belakang penelitian berfungsi sebagai landasan rasional yang mendukung keberlanjutan penelitian, memberikan pemahaman kepada pembaca tentang urgensi dan signifikansi topik yang diteliti. 

Latar belakang penelitian menjadi gerbang awal bagi pembaca untuk memahami konteks dan motivasi di balik pelaksanaan suatu penelitian (Bagaimana Menulis Latar Belakang Penelitian Yang Baik?, 2023).

Tips Menyusun Latar Belakang Penelitian

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk kalian yang akan memulai menyusun latar belakang penelitian, berdasarkan pengalaman saya, berikut ini di antaranya:

1. Mulailah dengan Pemahaman Mendalam tentang Topik

Sebelum menulis latar belakang penelitian, pastikan kita benar-benar memahami topik yang akan kita teliti. Bukan hanya pemahaman umum, tetapi juga pemahaman mendalam. 

Baca literatur terkait, telusuri jurnal-jurnal terbaru, dan pahami perkembangan terkini dalam bidang studi yang kita tekuni. 

Semakin dalam pemahaman kita, semakin mudah kita menyusun latar belakang penelitian dengan argumen yang kuat.

2. Jelaskan Kebermaknaan Topik

Latar belakang penelitian harus mampu menjelaskan mengapa topik penelitian kita penting untuk dikaji. 

Apakah penelitian kita dapat memberikan kontribusi baru dalam bidang tersebut? Bagaimana relevansinya dengan permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat? 

Sampaikan dengan jelas mengapa topik kita layak untuk diteliti dan mengapa penelitian ini dapat memberikan nilai tambah.

3. Identifikasi Posisi Penelitian dalam Kerangka Konseptual

Tentukan kerangka konseptual penelitian kita. Identifikasi teori-teori atau konsep-konsep yang akan menjadi dasar pemikiran kita. 

Pastikan kita dapat menjelaskan bagaimana penelitian kita terhubung dengan kerangka konseptual ini. Cara ini akan membantu pembaca untuk melihat keterkaitan antara ide-ide kita dengan literatur-literatur yang sudah ada.

4. Sertakan Data dan Fakta yang Mendukung

Latar belakang penelitian bukanlah tempat untuk asumsi semata. Sertakan data dan fakta yang mendukung argumen kita. 

Statistik, survei, atau temuan-temuan penelitian sebelumnya dapat memperkuat dasar penelitian kita. Ini akan menunjukkan bahwa kita memiliki landasan yang kuat untuk mengemukakan pertanyaan penelitian.

5. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Tersusun

Hindari penggunaan bahasa yang rumit dan sulit dipahami. Latar belakang penelitian harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan tersusun. 

Jangan ragu untuk meminta masukan dari dosen pembimbing atau teman sejawat. Pastikan setiap kalimat memiliki maksud yang jelas dan mendukung alur pikir keseluruhan.

6. Fokus pada Esensi Penelitian

Jangan terlalu banyak menyelipkan informasi yang tidak relevan. Fokus pada esensi penelitian kita dan hindari penyimpangan dari topik utama. 

Pembaca harus dengan mudah memahami tujuan dan urgensi penelitian hanya dengan membaca latar belakang.

Menyusun latar belakang penelitian memang memerlukan ketelatenan dan kejelian. Dengan langkah-langkah yang tepat, kita dapat membuatnya menjadi sebuah argumen yang kokoh dan meyakinkan.

Apa Saja yang Harus Ada di Latar Belakang Penelitian?

Dalam menyusun latar belakang penelitian, terdapat beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan guna memberikan dasar yang kuat bagi penelitian yang akan dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun