Mohon tunggu...
Benedicto Shandhamma Gunawan
Benedicto Shandhamma Gunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

5 Oktober 2022   21:31 Diperbarui: 5 Oktober 2022   21:36 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS PASCA GELADI HOMINISASI

6152201011

BENEDICTO S.G

Geladi Hominisasi yang saya ikut terdiri dari berbagai rangkaian acara. Acara pertama yang diikuti adalah mengerjakan tugas pra-geladi. Dalam tugas pra-geladi tersebut saya mencari nilai yang terkandung dalam video Kisarasa Episode 1 yang dibintangi oleh chef Juna. Kemudian, saat hari minggu saya mengikuti zoom gelada hominisasi. Saat geladi hominisasi saya dijelaskan tujuan diadakannya gelada hominisasi. Saya juga diajarkan berbagai macam materi seperti, SWOT, pentingnya berpikir kritis, serta berdinamika dengan sesama. 

Kami juga mengerjakan tugasa yang diberikan saat gelada hominisasi yaitu membuat suatu presentasi tentang Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia yang bertepatan dengan tanggal dilaksanakannya geladi hominisasi tersebut. Setelah acara geladi hominisasi beres, kami pun diberi tugas pasca gelada yang saat ini saya tulis.

Selama saya mengikuti geladi hominisasi ini saya mendapat berbagai pengalaman yang positif dan berharga. Hal yang paling kentara adalah, saya diajarkan berpikir kritis dalam meneliti dan mengumpulkan info tentang suatu masalah atau kejadian. Saya juga dapat menemukan hal-hal baru yang ternyata merupakan masalah penting yang sering kita abaikan, seperti hak asasi hewan dan lain-lain. Saya juga bisa bertemu teman baru, bahkan bekerja sama dengan mereka dalam merangkai suatu presentasi.

Setelah mengikuti geladi hominisasi, saya sadar bahwa kemampuan berlogika sangat diperlukan dalam mencari dan memilah informasi, bertukar pendapat dengan sesame, dan lain-lain. Sedangkan untuk kemampuan berbahasa, saya rasa sangat penting saat membuat presentasi itu sendiri serta dalam berkomunikasi dengan teman-teman yang baru.

Manfaat yang saya dapatkan selama mengikuti geladi hominisasi adalah saya bisa berlatih kemampuan berkomunikasi saya dengan orang baru. Saya juga diajarkan cara berkompromi dan bekerja sama dengan orang baru. Hal lain yang saya dapatkan adalah time management yang sering kali kita abaikan. Saya juga bisa berdialog secara logis dengan orang lain.

Kemampuan-kemampuan yang saya dapatkan tersebut nantinya akan sangat membantu saya dalam kehidupan di kampus. Saya bisa dengan mudah memperluas koneksi saya dengan berkenalan dan berkomunikasi dengan orang baru. Saya juga bisa melatih time management saya supaya bisa lebih beraktifitas seefisien mungkin.

Kemampuan berpikir juga bisa diterapkan dalam hidup berwarganegara. Masa sekarang ini, marak sekali tersebarnya berita-berita bohong atau biasa disebut hoax. Kemampuan berpikir secara logis dapat membantu dalam memilah mana informasi yang masuk akal dan mana yang tidak sehingga kita bisa terhindar dari hoax. Kemampuan berpikir secara kritis juga dapat membantu kita menjadi individu yang awas dan peduli dengan sekitar sehingga kita nantinya dapat berkontribusi juga terhadap masalah-masalah yang ada di sekitar kita. Ketika semua orang bisa berpikir secara kritis maka saya rasa situasi di sekitar kita akan semakin membaik.

Kemampuan berbahasa yang baik juga dapat membantu kita dalam kehidupan berwarganegara. Kita bisa berkomunikasi secara baik dan efektif dengan orang-orang di sekitar kita. Kita juga bisa mengurangi kesalahpahaman ketika kita mengerti cara berbahasa yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan banyak sekali perselisihan yang ada di sekitar kita terjadi karena kesalahpahaman. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun