Mohon tunggu...
feri anto
feri anto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menulis untuk Indonesia

Menulis bukan cuma untuk kepentingan diri sendiri, tapi untuk membantu mewujudkan cita-cita orang lain, dan membuatnya menjadi berarti.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Anjing Kintamani Bali yang Mendunia

17 Oktober 2015   10:38 Diperbarui: 17 Oktober 2015   11:13 1855 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Anjing merupakan hewan peliharaan manusia yang paling setia. Kalau anda pernah menonton film Hachiko, anda pasti akan sepaham dengan judul yang saya tulis diatas. Menurut sejarahnya anjing sudah menjadi sahabat manusia sejak 16.000 tahun silam. Bahkan seorang Profesor dari University of Illionis, yakni: Kelsey Witt dan Ripan Malhi, menyatakan bahwa, " Anjing merupakan organisme pertama yang bermigrasi bersama manusia ke hampir semua benua". Kedudukan anjing tidak lagi menjadi sekedar hewan semata, tetapi menjadi pendamping manusia dalam peranannya sebagai makhluk yang multifungsi. Malahan di beberapa negara, anjing digunakan sebagai sarana untuk terapi bagi penderita gangguan kejiwaan. Anjing sudah membantu manusia dalam menyelesaikan pelbagai masalah: pelacak bom,narkotika dan penjaga. Serta, hewan berkaki empat ini juga bisa dijadikan teman bagi sebuah keluarga.

http://fotohewan.info/wp-content/uploads/2013/12/Anjing-Kintamani.jpg

 

Hewan yang memiliki penciuman tajam ini juga terdiri dari berbagai macam ras, umumnya ras pada anjing, dikelompokkan berdasarkan beberapa pengkategorian, salah satunya adalah daerah asal dari anjing tersebut. Anjing Kintamani merupakan satu dari sekian banyak ras anjing yang ada didunia. Anjing ras asli indonesia ini berasal dari daerah Kintamani (pegunungan), Bali. Anjing Kintamani Bali ini sudah terdaftar di Federasi Kinologi Internasional (Organisasi yang memberikan pengakuan akan keaslian anjing ras suatu negara). Sebelumnya banyak pihak yang menyangka bahwa anjing ini berasal dari persilangan ras antara anjing chow-chow, yang dibawa oleh Kasiar Cina 600 tahun lalu dengan anjing setempat. Tapi setelah ada penelitian dari Universitas udayana, Bali yang menyatakan bahwa ras anjing Kintamani merupakan ras asli Indonesia.

Jadi, anjing jenis ras ini sudah mendapat pengakuan internasional dan diakui keberadaannya sebagai anjing asli indonesia. Karena terbentuk oleh suasana pegunungan Kintamani Bali, anjing ini mempunyai sifat tangkas dan tingkat kewaspadaan yang tinggi, jadi anjing jenis ini dapat diandalkan untuk menjadi anjing penjaga yang baik, karena ia seringkali menggonggong. Kesetiaan juga merupakan karakter asli dari anjing ini, ia akan ingat pada majikan yang merawatnya

Bila dilihat secara fisik, anjing Kintamani ini mempunyai rambut krah / badong (istilah dari Bali) yang panjang dibagian dadanya, kekhasan kintamani juga terlihat dari buntutnya yang bersurai membentuik sudut 45 derajat / half moon. Bentuk matanya yang seperti buah almond, membuat anjing ini terlihat lucu dan menggemaskan. Dan pada bagian hidungnya berwarna hitam ataupun coklat tua, warna ini berubah seiring dengan musim dan usia.

Secara garis besarnya, anjing ini terbagi menjadi empat jenis warna: warna putih dengan tubuh coklat-kemerahan (biskuit martin) -red, warna hitam mulus, warna coklat muda dan warna coklat tua / disebut oleh masyarakat Bali, Bang Bungkem, dan warna coklat muda dengan garis warna kehitaman / disebut poleng oleh masyarakat Bali. Dengan karakter dan sifat anjing kintamani yang menyenangkan, dijamin anda tidak akan rugi memeliharanya. Guk...guk...guk...tunggu apalagi ?.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan