Mohon tunggu...
Bens
Bens Mohon Tunggu... Musafir Malam

Kata Hati Mata Hati ...

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Titik Tanpa Lelah

6 Mei 2021   00:53 Diperbarui: 6 Mei 2021   01:01 123 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Titik Tanpa Lelah
Titik Weber | Koleksi Pribadi

Mengarungi kehidupan merupakan perjalanan tanpa lelah, dengan berbagai rintangan menjadikan sebuah pribadi yang kuat. Apalagi di era kemajuan tehnologi sekarang ini, terus bergelut roda waktu yang menggerus usia.Adalah Siti Chotidjah, SE atau kerap disapa Titik Weber, alumni Universitas Janabadra Jogjakarta, yang tersendat menyelesaikan skripsinya pada tahun 2007, yang seharusnya dirampungkan tahun 1995.

Photo Koleksi Pribadi
Photo Koleksi Pribadi
Namun bagi seorang Titik, usia bukanlah suatu halangan, dia terus berpacu dengan kreatifitas dan tak bisa membuang waktu.Wanita kelahiran Jogjakarta, 8 Maret 1971 telah cukup sarat liku-liku kehidupan, apalagi setelah suaminya Axel Weber asal Jerman yang dia kenal saat masih di Yogyakarta,  meninggal pada tahun 2011, Titik menggeluti bidang usaha Batik Tulis maupun Cap.

Tahun 1996 hingga 2002 dia bersama almarhum suaminya yang saat itu bekerja di sebuah perusahaan asing di Jepara, membuka usaha mebel eksport ke Jerman dan Jepang. Pun Titik juga membuka usaha nursery tanaman hias, makanan dan minuman hingga tahun 2011 suami tercinta meninggal

Bersama Anne Avantie | Koleksi Pribadi
Bersama Anne Avantie | Koleksi Pribadi
Berawal pelatihan Batik yang diselenggarakan GOW Pemerintah Kabupaten Jepara, yang akhirnya dipentaskan pamaran seni rupa. Karyanya sangat diminati oleh Wakil Bupati pada saat itu, menambah energy semangat untuk menekuni usaha batik.Ketekunan dan ketelitiannya menghasilkan beberapa karya batik tulis yang banyak diminati oleh masyarakat Jepara, Titik menjadi perhatian para senior pembatik Jepara dan membentuk Paguyuban Batik Jepara.

Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi
Paguyuban tersebut mendapat pembinaan dan fasilitas dari Dinas Koperasi UKM serta dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten JeparaHal ini merupakan  peluang besar bagi Titik, karya Batik tulisnya mulai berkembang dan banyak peminat dari berbagai daerah : Kalimantan dan Sulawesi. Juga berbagai event pameran baik dalam maupun luar kota dia ikuti untuk menambah wawasan, pengalaman dan menimba ilmu batik.
Seiring dengan kemajuan tehnik batik, Titik memoles tehnik batiknya dengan : Eco Print, Shibori, Jumputan, Kain Tenun.

Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi
Namun tetap mempertahankan khas Jeparanya, warisan Ibu Kartini.Batik Jepara mempunyai 2 (dua) tema : Batik Jepara ( motif ukiran khas Jepara ) dan Batik Kartini ( Motif bunga kecil-kecil / Buketan dan Kupu-kupu gaya Hindu-Jawa ) yang diciptakan sendiri oleh Raden Ajeng KartiniSelain itu Batik Jepara juga mempunyai Motif Bunga Kantil, Motif Parang Gondosuli dan Motif Srikaton, disamping Jepara juga terkenal dengan Tenun Ikat Troso.
Sejalan hal diatas, Titik bertekad mempertahankan warisan budaya Batik Khas Raden Ajeng Kartini dengan memadukan gaya khas pribadinya.

Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi
Event Pameran Batik | Koleksi Pribadi
Event Pameran Batik | Koleksi Pribadi
Dan Titik pun tanpa lelah memberikan Pelatihan Gratis kepada kaum wanita khususnya generasi muda baik di Jepara maupun Jogjakarta, guna melestarikan warisan budaya leluhurHingga saat ini, naluri kreatifitas tetap mengalir di kehidupannya, Titik juga merintis usaha Kacang Oven Khas Jepara, Kacang Telur dan Kacang Mete yang dikemas untuk dipasarkan export ke Amerika melalui Online Shop Amazon dan e-Bay.Titik memanfaatkan home industry kacang di Jepara, untuk bisa diperkenalkan di luar negeri, dibawah naungan usahanya Tiek Kitchen
Itulah sosok Titik, satu dari wanita-wanita hebat Indonesia yang terus berkarya dengan kemandiriannya.

Kacang Mete | Koleksi Pribadi
Kacang Mete | Koleksi Pribadi
Kacang Oven Jepara | Koleksi Pribadi
Kacang Oven Jepara | Koleksi Pribadi
Kacang Telor Jepara | Koleksi Pribadi
Kacang Telor Jepara | Koleksi Pribadi
Jika ke Jepara, mampirlah, untuk melihat dan mencoba membatik di Tiek Batik : Desa Langon RT.02 RW.01 Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x