Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... Lainnya - RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Karir

Raih Lebih dari Puluhan Kejuaraan Selama Pandemi

17 Desember 2020   14:06 Diperbarui: 17 Desember 2020   14:08 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Raih Lebih dari Puluhan Kejuaraan Selama Pandemi
dutatv.com

Adanya pandemi yang terjadi saat ini menghambat proses perkuliahan di Universitas Negeri Malang, namun hal tersebut tidak menghambat mahasiswa untuk terus berprestasi. Salah satu mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang yaitu Ananta Ardiansyah yang merupakan mahasiswa prodi pendidikan kimia angkatan 2018, selama pandemi ia habiskan waktunya dengan kegiatan positif dengan mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan meraih 18 prestasi sejak bulan Maret hingga November.

Tidak hanya saat pandemi Covid-19 saja, namun sejak maba ia sudah mengikuti lomba kepenulisan dan bergabung di Karya Tulis Ilmiah Al-quran (KTI-A) yang di selenggarakan UKM ASC. Sejak begabung di KTI-A tidak hanya ilmu menulis yang didapatkan, namun atmosfer berprestasi yang tinggi sehingga membuat Ananta terpacu untuk menulis hingga saat ini.

Informasi lomba yang didapat Ananta berasal dari Instagram, grup WhatsApp, atau mencari langsung di internet untuk lomba tertentu yang ingin diikuti. Untuk saat ini, Ananta fokus untuk mengikuti lomba esai dan memilih lomba esai sesuai yang ingin ia bawakan. Terkadang ia memilih siapa yang menyelenggarakan lomba tersebut dan menghindari lomba yang memiliki tahapan presentasi.

Awalnya motivasi menulis karena ingin berprestasi saja, namun lama kelamaan menulis membuat belajar banyak hal dan menjadi hobi. Sejauh ini Ananta sudah menikuti lomba hingga 50 kali. Kata gagal mungkin sudah tak asing didengar karena sering mengalami kegagalan/kalah dalam lomba. Cara membagi waktu ala Ananta dalam mengikuti lomba adalah membuat jadwal apa yang ingin dikerjakan dan memberikan estimasi waktu setiap tugas yang akan dikerjakan. "Coba aja dan jangan mudah menyerah, semua harus dimulai dan niat untuk memulai. Sekali lomba gagal, perbaiki, lomba lagi ditempat lain hingga tak terasa kalah udah biasa" ucap Ananda untuk tips mengikuti lomba.

Penulis :Bilbina Ridho Karifika

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN