Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dukung Inovasi dalam Teknologi Masa Kini, BEM FMIPA UM Hadirkan Seminar Teknologi

25 Oktober 2020   20:39 Diperbarui: 25 Oktober 2020   20:54 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dukung Inovasi dalam Teknologi Masa Kini, BEM FMIPA UM Hadirkan Seminar Teknologi
presentasi tentang AI oleh pemateri/dokpri

Dalam era globalisasi ini, manusia terus-menerus mencari upaya untuk meringankan setiap pekerjaan mereka. Salah satunya dengan mengembangkan sebuah alternatif yang bernama teknologi. Teknologi ini berkembang seiring dengan bergeraknya zaman, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. 

Salah satu teknologi kompleks yang sangat bermanfaat di waktu sekarang ini ialah Kecerdasan Buatan. Bertepatan dengan hal itu, BEM FMIPA UM 2020 menghadirkan sebuah Seminar Teknologi bertemakan “Light Up Your Future with AI” yang diadakan pada 17 Oktober 2020. Sehubungan dengan kondisi yang mengharuskan untuk tidak bertatap muka terlebih dahulu, maka Seminar Teknologi kali ini dilaksanakan di platform Zoom.

Seminar Teknologi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan penguatan pada mahasiswa maupun umum mengenai Kecerdasan Buatan atau disebut juga Artificial Intellegence (AI). Tujuan yang tidak kalah penting adalah agar peserta-peserta yang mengikuti seminar ini dapat mengetahui dan mengaplikasikan berbagai kegunaan dari AI dalam kehidupan sehari-hari. 

Di dalam seminar ini, dijelaskan berbagai macam jenis teknologi terkini yang berbasis Kecerdasan Buatan, diberikan juga tips-tips sederhana yang dapat diaplikasikan di kehidupan nyata.

Dalam teknis pelaksanaannya, acara Seminar Teknologi ini diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden Mahasiswa BEM FMIPA UM 2020, dan terakhir sambutan dari Wakil Dekan III FMIPA UM. 

Setelah itu, barulah pembahasan mengenai “Apa itu Kecerdasan Buatan?”, “Bagaimana fungsi AI dalam kehidupan nyata?”, “Mengapa AI menjadi sebuah alternatif di era digital terkini?” dipaparkan secara rinci oleh para pemateri. 

Seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya, BEM FMIPA UM berusaha semaksimal mungkin dalam memeriahkan seminar ini. Hal ini terlihat dari pemilihan pemateri-pemateri yang sangat handal dalam perkembangan digital, yaitu Bapak Raden Arief S., S.T., M.T  dan Nadhira Fasya G. Acara ini dihadiri sebanyak 270 orang peserta dari berbagai institusi dan latar belakang.

Dibalik segala kemeriahan dan keseruan dalam acara ini, tentunya masih terdapat beberapa kekurangan. Oleh karenanya, sangat dibutuhkan berbagai usulan, tanggapan, kritik, dan saran untuk menjadikan acara ini semakin baik ke depannya. 

Kami juga menghimbau kepada para peserta untuk tetap menantikan kehadiran Seminar Teknologi dalam pelaksanaan selanjutnya. Harapan terbesar kami adalah dalam Seminar Teknologi berikutnya dapat terlaksana dengan lebih baik lagi, agar ilmu yang disampaikan dalam seminar ini menjadi lebih membekas dan bermanfaat untuk orang-orang yang akan menghadirinya nanti.

Penulis: Sie Humas Seminar Teknologi

VIDEO PILIHAN