Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Meningkatkan Skill Bisnis di Tengah Pandemi, Science Entrepreneurship Adakan SE Corner

28 September 2020   21:35 Diperbarui: 29 September 2020   12:45 19 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meningkatkan Skill Bisnis di Tengah Pandemi, Science Entrepreneurship Adakan SE Corner
Pemateri menyampaikan materi

Meskipun sedang di tengah pandemi COVID-19, Science Entrepreneurship (SE) yang merupakan sub devisi dari BEM FMIPA UM tidak henti-hentinya melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan skill berwirausaha, seperti pengembangan rancangan bisnis dan inovasi dalam membangun bisnis. Kegiatan ini bernama Science Entrepreneurship Corner (SE Corner), yang dilaksanakan secara daring via Whatsapp Group dan Google Meet.

SE Corner ini diikuti oleh anggota Science Entrepreneurship tahun 2020, yang terdiri dari anggota angkatan ke-2018 dan ke-2019. SE Corner I dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB di Whatsapp Group. Sub tema yang diangkat untuk kegiatan ini adalah Step by Step Merancang Bisnis Kreatif sambil Kuliah. Sebanyak 39 peserta hadir untuk mengikuti SE Corner I ini, dengan mendatangkan pemateri Muhammad Risam Hidayatulloh. Materi yang disampaikan berupa cara ampuh memperoleh ide bisnis yang kreatif, dan cara mudah untuk merealisasikan ide bisnis. Muhammad Risam berkata, bahwa kunci utama untuk memperoleh ide bisnis kreatif yaitu harus mempunyai tekad, kerja keras, kerja cerdas, jiwa pantang menyerah, dan tidak lupa doa kepada Sang Maha Kuasa. Beliau juga menambahkan, perlunya tiga langkah penting agar ide bisnis dapat terealisasikan yakni mendefinisikan ide, mempraktekkan ide bisnis, dan mengidentifikasi kebutuhan resource produk bisnis.

Sementara SE Corner II dilaksanakan pada 21 September 2020 pukul 19.30 WIB via Google Meet. SE Corner II kali ini mengangkat tema “Creating Innovative Startup to Solve Problems” sebagai bentuk pemantapan dari SE Corner I. Kegiatan ini mendatangkan pemateri handal Ari Gunawan, dan dihadiri oleh 32 peserta umum. Ari Gunawan menjelaskan alasan-alasan penting untuk menjadi seorang wirausahawan, langkah-langkah dalam memulai wirausaha, dan juga cara merancang business model canvas. Beliau berkata, perlunya keberanian dan ketekunan untuk memulai kegiatan wirausaha. Sebab, proses membangun bisnis itu sendiri tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu semalam.

Kedua pemateri tersebut banyak memberikan inspirasi kepada anggota Science Entrepreneurship dengan penyampaian materi dikemas secara menarik sehingga memiliki kesan tersendiri bagi peserta. Sebagai generasi muda hendaknya kita memiliki jiwa berwirausaha yang tinggi agar dapat menciptakan peluang usaha. Diharapkan dengan adanya kegiatan SE Corner ini peserta yang merupakan anggota SE dapat terjun dalam dunia kewirausahaan, sehingga menjadi wirausaha muda yang kreatif dan inovatif.

Penulis : Sansan Hastuti Ningrum

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x