Mohon tunggu...
Bella Silvia Novita Sari
Bella Silvia Novita Sari Mohon Tunggu... Bella

Nama saya Bella Silvia Novitasari, umur saya 19 tahun, saya lahir di kota Sidoarjo.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sumber Ajaran Islam Al Hadist, Al Quran

28 September 2019   09:44 Diperbarui: 28 September 2019   09:48 1574 0 0 Mohon Tunggu...

Kelompok 2

Al- hadist berasal dari bahasa arab yang artinya baru atau tidak lama. Ucapan dan perbuatan, sedangkan menurut istilah Al-hadist adalah segala berita yang bersumber dari Nabi Muhammad SAW yang berupa ucapan & perbuatan. 

Para ulama Islam berpendapat bahwa Al-hadist menempati kedudukan ke-2 sebagai sumber hukum islam setelah Al-qur'an. Macam-macam ilmu Al-hadist, yang pertama ilmu Hadist Riwayah, merupakan Ilmu Hadist yang khusus berhubungan dengan Riwayah, yang kedua Ilmu Hadist Dirayah, yaitu ilmu yang mempelajari hakikat periwayatan, syarat-syarat,macam-macam, dan hukum-hukum, sifat-sifat para Perawi, dan syarat-syaratnya.

1. Sejarah Penulisan dan kondifikasi Al-hadist, yaitu mengkaji tentang seputar penulisan Al-hadist.

2. Perspektif yang pertama, melalui penulisan Al-hadist dengan memakai dasar kepada hadist yang diyakini Rosul, sementara perspektif kedua mengatakan bahwa penulisan Hadist pada masa Nabi diperbolehkan dan bersumber pula pada Hadist Nabi. 

Al-hadist diyakini Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Said Al-khudri "Jangan kamu sekalian memilih sesuatu dariku dan barangsiapa telah menulis sesuatu dariku selain Al-qur'an hendaklah menghapusnya."

Disamping itu ada Riwayat yang melarang penulisan Hadist ada juga yang memperbolehkannya, selain yang diungkapkan Hasbi Assidiqi merujuk kepada Kitab Al-Mahalli yang diriwayatkan oleh Ahmad Dzabbaihaqi dari Abu Raira yang berarti "Tidak seorang dari Sahabat Nabi yang demikian banyak atau lebih mengetahui Hadist Rosul daripadaku selain Abdullah Ibu Azz yang menuliskan apa yang dia dengar, sedangkan aku tidak menulisnya."

Kemudian pembahasan tentang Hadist yaitu kondifikasi secara resmi berdasarkan perintah Khalifah dengan melibatkan beberapa personil yang Ahli dengan masalah ini, bukan yang dilakukan secara perorangan atau untuk kepentingan pribadi seperti yang terjadi pada masa sebelumnya, menyebutkan ikatan Hadist yang berdasarkan pada kekuatan dan kelemahan periwayatan atau berita. 

2. Al-Quran merupakan Kitab suci agama Islam Umat Islam percaya bahwa Al-qur'an merupakan puncak dan penutup wahyu dari Allah yang diperuntuhkan bagi manusia dan bagian dari rukun iman yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril dan sebagai wahyu pertama yang diterima oleh Rosulullah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x