Mohon tunggu...
Bella Haqqi Adliah
Bella Haqqi Adliah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Brawijaya

.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Profesi UX Writer: Pengertian, Kompetensi, Hingga Karir

14 September 2022   16:47 Diperbarui: 14 September 2022   16:54 76 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

UX writer merupakan salah satu pekerjaan yang booming di era digital saat ini. Bagaimana tidak, kehadirannya sangat penting dalam keberlangsungan bisnis, terutama bagi startup. 

Perilaku konsumen di era digital saat ini bisa dibilang bersifat dinamis, sehingga butuh seseorang yang mampu menarik konsumen dengan baik. UX writer berperan penting dalam hal itu. Tidak heran, apabila perusahaan terutama yang bergerak di bidang digital membutuhkan jasanya.

Lalu, apa aja sih sebenarnya UX writer itu dan apa saja sih pekerjaannya? Tenang saja, di artikel ini akan menjelaskan terkait serba-serbi dari profesi UX Writer.

Apa Itu UX Writer?

Bagi Anda yang tidak familiar dengan profesi ini, tulisan-tulisan pendek yang berupa rangkaian kata itu dibuat oleh UX Writer dan disebut dengan microcopy. Di sisi lain, seorang UX Writer juga harus bisa membuat kata-kata yang mudah dipahami oleh semua orang, termasuk untuk orang-orang dengan kemampuan, usia, identitas gender, serta latar belakang yang berbeda. 

Sederhananya, UX Writer merupakan bagian dari UX design. Hal tersebut sama seperti UI designer yang masih bagian dari UX design dan lebih fokus mengelolah grafis sebuah aplikasi. 

Tujuan UX Writer

Tujuan dari User experience (UX) yaitu menghadirkan pengalaman positif untuk pengguna suatu produk. Oleh sebab itu, UX Writer lebih ke pembuatan tulisan yang ringkas dan konsisten. Banyak orang yang meyakini jika tulisan UX Writer yang bagus akan menyatu dengan desain dari suatu produk. Bahkan orang yang menggunakan produk tersebut, pasti tidak menyadari bahwa mereka sedang membacanya.

Perbedaan UX Writer, Content Writer, dan Copywriter

Diantara ketiganya memang sama-sama penulis yang membantu tim digital marketing dalam pemasaran produk. Namun, diantara mereka memiliki perbedaan yang cukup mencolok, baik dari tugas hingga tanggung jawab. Berikut adalah perbedaan UX writer, content writer, dan copywriter :

1. UX Writer

Kemampuan UX writer sebenarnya mirip dengan seorang copywriter. Di beberapa perusahaan dengan skala bisnis kecil yang sedang mengembangkan produk, copywriter akan diberi tugas untuk memiliki peran sebagai UX writer juga.

source: amd academy
source: amd academy

Bedanya, UX writer hanya menuliskan copy di aplikasi website atau mobile yang sedang dikembangkan.

2. Content Writer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan