Mohon tunggu...
Bella DwiMardiana
Bella DwiMardiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang

Tetap semangat untuk menulis dan mencari skill

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Profesi dan Etika yang Berhubungan dalam Dunia IT

30 Oktober 2021   11:11 Diperbarui: 30 Oktober 2021   11:18 819 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada hakekatnya etika merupakan pandangan hidup yang dijadikan pedoman bagaimana seseorang itu berperilaku. Etika berasal dari kesadaran masing-masing yang dijadikan petunjuk bagaimana perbuatan yang baik itu ditentukan dan mana yang buruk.

Setiap profesi memiliki keahlian masing-masing atau keahlian khusus, seperti adanya suatu organisasi profesi dan kode etik di dalamnya, yang membuat etika menjadi alat untuk mengendalikan diri bagi setiap anggota profesi. Etika juga dapat berubah seiring berjalannya waktu dengan adanya pengaruh besar muncul diiringi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat. Salah satunya adalah munculnya internet di zaman ini yang bisa menjadi penyalahgunaan oleh masyarakat sepertinya adanya istilah kejahatan cyber, pembajakan akun dan lainnya yang memiliki tujuan buruk.

Dengan munculnya internet pada zaman berkembang, maka perlu juga diiringi dengan pendidikan etika penggunaan sebagai profesional IT agar penggunanya memiliki kesadaran diri dan dapat memanfaatkan dengan tujuan positif. Munculnya perkembangan dalam dunia IT pastinya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mempermudah manusia dalam melakukan segala aktifitas yang berkaitan.

Dalam dunia IT banyak penggolongan yang ada, salah satunya terdapat berbagai macam profesi yang terkait. Apa profesi itu? Profesi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dimana berkaitan dengan keahlian khusus dalam bidang pekerjaan. Pastinya seseorang yang tergolong dalam profesi tersebut harus bersikap profesional. Profesional adalah seseorang yang mempunyai keyakinan dengan mengandalkan suatu keahlian yang dimilikinya untuk menjalankan profesi. Seseorang yang profesional pastinya memiliki ketentuan--ketentuan yang harus dimilikinya, seperti harus bertanggung jawab dalam melakukan profesinya, mampu mengendalikan diri dan mengontrol emosi saat bekerja, memiliki pengetahuan dan dapat menerapkan keahlian yang dimiliki, serta bisa memberi pengaruh kepada masyarakat dengan adanya profesi tersebut.

Macam--macam profesi di bidang Informatika pastinya sangat banyak apalagi merupakan profesi yang sedang booming dan ramai dicari saat ini, karena bergerak seiring berjalannya perkembangan teknologi.

Ada yang memiliki fokus untuk berprofesi di dunia perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), operasional sistem operasi dan lainnya. Bahkan setelah terbagi di beberapa fokus profesi itu masih saja bercabang jenis profesinya, seperti yang memiliki fokus dalam software terdapat jenis pekerjaan sebagai programmer yang dimana dapat membuat suatu program dengan mengimplementasikan rancangan dari sistem analisis, web development yang membuat suatu program dengan berfokus dalam bentuk web, web designer yang melakukan studi kelayakan dan membuat suatu desain agar nantinya dapat di implementasikan, analysis system yang membuat suatu analisa dan membuat alur bagaimana jalannya suatu program nanti, dan masih banyak lagi.

Bahkan, untuk tergabung dalam berbagai profesi di dunia IT tidak semua orang bisa diterima dan dapat melakukannya. Adanya kualifikasi yang diperlukan agar seseorang dapat tergabung di profesi tersebut, seperti apabila ingin bekerja menjadi seorang programmer ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pelamarnya, contohnya yaitu mampu menguasai logika dan algoritma pemrograman, menguasai setidaknya bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, Framework yang berhubungan dengan bahasa pemrograman yang ada dan mampu memahami penggunaan database menggunakan SQL, itu merupakan contoh kecil kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan pekerja yang sesuai, dan masih banyak lagi kualifikasi programmer yang lainnya.

Dengan kualifikasi programmer tersebut, setidaknya ekspetasi perusahaan adalah seorang pekerja ini mampu membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perusahaan maupun perorangan. Adapun contoh lain kualifikasi dari profesi bidang IT lainnya yaitu menjadi IT Support adalah harus menguasai bagian-bagian apa saja yang berhubungan dengan hardware komputer, dapat melakukan instalasi sejumlah program atau aplikasi software, dan familiar dengan beberapa aplikasi umum sistem operasi komputer. Dengan kualifikasi tersebut, seorang IT Support dapat mengatasi masalah umum yang sering terjadi pada komputer baik hardware maupun software. Seseorang yang ingin belajar baik secara otodidak dapat tergabung dalam profesi ini.

Ada juga pantangan-pantangan yang harus diterima oleh seseorang yang ber-profesi pada dunia Informatika, salah satunya jika menjadi bagian dari network engineer maka tidak diperbolehkan untuk mengubah suatu konfigurasi yang berkaitan dengan jaringan di perusahaan tanpa sepengetahuan dan ijin dari pihak perusahaan, menjaga keamanan data perusahaan dan mencegah agar data perusahaan tidak di sabotase oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan bertindak kejahatan, apabila terdapat permasalahan dalam jaringan milik perusahaan maka perlu untuk mencatat dan melaporkan yang berwenang, dan mengerjakan apa yang diperintahkan oleh perusahaan seperti menambahkan software atau hardware yang dibutuhkan.

Semua profesi yang sudah dijelaskan pastinya tidak akan jauh dari penggunaan komputer. Penggunaan komputer memiliki etikanya sendiri, etika ini digunakan untuk pemahaman secara luas dalam penggunaan komputer agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan tetap dalam jalur hal yang positif. Etika yang akan berkembang terus menerus karena jumlah interaksinya dengan manusia juga terus meningkat, sehingga membuat setidaknya peraturan dasar agar dapat saling dipahami oleh masyarakat atau seseorang yang menggunakannya. Adapun beberapa yang termasuk dalam etika dalam komputer yaitu, penggunaan yang jujur, mampu menjaga kerahasiaan, dapat memahami hokum yang berkaitan dalam ber-komputer, tidak menyebarluaskan data pribadi baik milik sendiri maupun orang lain dan menghargai hak orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan