Mohon tunggu...
BELLA DERITA BUNDA
BELLA DERITA BUNDA Mohon Tunggu... Menulis

-Ilmu Hukum -Membaca -Berenang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bersatunya Pemuda Indonesia

27 Oktober 2020   16:31 Diperbarui: 27 Oktober 2020   16:38 70 3 0 Mohon Tunggu...

Setiap tanggal 28 Oktober, Tak pernah kala kita lupa mengingat kembali sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu :

  • Bertumpah darah satu tanah air Indonesia
  • Berbangsa satu bangsa Indonesia, dan
  • Menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. 

Selain itu, Sumpah Pemuda juga dimaknai sebagai momentum bersatunya para pemuda, yang kemudian bergerak bersama dan berjuang menuju Indonesia merdeka. Peran anak  muda Indonesia  tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali."

Pemuda Indonesia adalah suatu generasi penerus kemerdekaan Indonesia, Tanamkan lah jiwa yang satu, pantang menyerah, Karna Pemuda bangsa ini perlu merekonstruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam perjalanan sejarah sumpah pemuda, sebagai bagian dari proses sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka jiwa dan semangat Sumpah Pemuda perlu diaktualisasikan agar tetap relevan dan terpatri dalam sanubari, di tengah perubahan zaman yang semakin cepat dan dinamis ingat Anak Bangsa Indonesia Jangan pernah goyah kan pikiran dan hati mu untuk kemerdekaan Indonesia Tetap lah Bersatu Seperti Pepatah Berkata Berbeda beda tetapi tetap satu Karana bersatu kita teguh Bercerai kita Runtuh.

Mata Kuliah : Kewarganegaraan (Kwn)
Dosen              : Ilham hudi,S.pd.,M.pd

VIDEO PILIHAN