Mohon tunggu...
Bella Berliana Anandayu
Bella Berliana Anandayu Mohon Tunggu... Mahasiswa Perguruan Tinggi

Kuliah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN ERA COVID-19 UNS Batch 2 di Keprabon RT 05/RW 05, Kota Surakarta

2 Agustus 2020   16:14 Diperbarui: 2 Agustus 2020   16:18 3 0 0 Mohon Tunggu...

Selama masa pandemi Covid-19, untuk meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 maka Universitas Sebelas Maret membuat kebijakan untuk melakukan KKN UNS menjadi penerjunan relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19. 

Bentuk kegiatan KKN UNS relawan tanggap bencana Covid-19 di daerah masing-masing dapat dilakukan pada bidang atau tema besar antara lain kesehatan masyarakat, ketahanan ekonomi masyarakat, ketahanan pangan, supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19, supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid-19, pendidikan selama Covid-19, penyusunan sistem informasi dan secara langsung terjun menjadi satgas Covid-19. 

Salah satu relawan KKN UNS Covid-19 yang ada di Kota Surakarta  yaitu  Bella Berliana Anandayu mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang melaksanakan KKN di Keprabon RT 05 RW 05 Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Tema besar yang diambil yaitu Kesehatan Masyarakat dengan menjadi relawan KKN UNS Covid-19 mulai tanggal 15 Mei--30 Juni 2020 (Batch 2). KKN UNS Covid-19 bersifat KKN individu dengan didampingi oleh 1 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Dr. Ir. Sudadi, M.P.

Program kerja yang dilaksanakan oleh Bella Berliana mulai dari memberikan edukasi kepada ibu-ibu PKK RT 05 RW 05 wilayah Keprabon dan anak-anak sekitar berupa informasi mengenai gejala dan cara pencegahan Covid-19, etika batuk dan bersin, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, cara mencuci tangan dengan benar, pentingnya physical distancing, cara cuci masker kain yang benar, langkah membuka dan membuang masker dengan benar, cara pembuatan hand sanitizer dan sabun cuci tangan, cara mencuci bahan makanan saat pandemi Covid-19, cara pola makan sehat, khasiat dari jus jambu untuk meningkatkan ketahanan tubuh, tips berbelanja ke supermarket atau pasar, tips berjemur, pengenalan tentang new normal, starter kit keluar rumah saat new normal, dan cara hidup sehat saat new normal. 

Informasi berupa poster digital yang dikirimkan ke WhatsApp Group ibu-ibu PKK Keprabon RT 05 RW 05 dan mengirimkan poster digital untuk masyarakat secara umum terutama teman-teman melalui sosial media yaitu Instagram. Poster digital tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait Covid-19 dan dapat melakukan upaya pencegahan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan. 

Selain memberikan informasi berupa poster digital, Bella juga memberikan video edukasi mengenai cara pembuatan hand sanitizer dan cara pembuatan sabun cuci tangan. Tujuan video edukasi tersebut yaitu agar warga sekitar paham akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Setelah memberikan informasi atau edukasi, program kerja selanjutnya yaitu peninjauan langsung ke masyarakat namun tetap memperhatikan protokol kesehatan antara lain edukasi dan sosialisasi ke masyarakat dan anak-anak sekitar menggunakan masker dan jaga jarak aman, pembagian hand sanitizer dan sabun cuci tangan untuk ibu-ibu PKK RT 05 RW 05 wilayah Keprabon, edukasi tentang penggunaan hand sanitizer ketika keluar rumah dan pembagian fasilitas belajar untuk anak-anak sekitar pada waktu belajar bersama sehingga melakukan kegiatan positif saat dirumah dan berguna untuk mencegah stres pada anak saat pandemi Covid-19, sosialisasi secara langsung dan pemberian materi tentang pengertian Covid-19, gejala dan pencegahan Covid-19, cara mencuci tangan dengan benar, pemasangan pamflet berupa gejala dan pencegahan Covid-19, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di papan pengumuman warga sekitar. 

Serangkaian kegiatan KKN yaitu program kerja yang telah dilaksanakan selama 45 hari didokumentasikan dalam bentuk foto maupun video yang tersedia di YouTube Channel Bella Berliana.

Hasil lain yang didapatkan dari pelaksanaan KKN UNS Covid-19 batch 2 yang dilakukan oleh Bella yaitu menjadikan masyarakat lebih peduli dan mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini terbukti dengan munculnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker dan selalu membawa hand sanitizer saat keluar rumah. 

Tidak hanya itu masyarakat juga mulai memiliki kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dirumah masing-masing yang sudah tersedia tempat untuk cuci tangan, edukasi penggunaan hand sanitizer setelah berpergian keluar rumah sehingga anak-anak memiliki kegiatan positif yang menyenangkan dengan belajar bersama namun tetap memperhatikan protokol kesehatan maka anak-anak tidak akan bosan saat dirumah saja dan tidak bermain saat masa pandemi ini masih berlangsung.

VIDEO PILIHAN