Mohon tunggu...
Bella
Bella Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

إن صبرتم على الأشقّ قليلا استمتعتم بالأرفة الذ طويلا

Selanjutnya

Tutup

Trip

Pantai Klayar Menjadi Saksi Keindahan Kota Pacitan

25 Juni 2022   12:20 Diperbarui: 25 Juni 2022   12:29 651 18 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemandangan Pantai Klayar, Sumber : Penulis

Kota Pacitan merupakan salah satu wilayah yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Kota tersebut memiliki luas wilayah 1.389,87 Km . Membutuhkan waktu sekitar 2,5- 3 jam untuk sampai ke kota ini dari daerah Yogyakarta.

Uniknya, Pacitan dikenal dengan kota 1001 goa, karena memiliki kekayaan alam berupa goa-goa yang indah dan sangat memikat para wisatawan seperti Goa Gong (goa yang disebut-sebut sebagai goa terindah se-Asia Tenggara), Goa Tabuhan (batunya dapat dipukul menyerupai suara gamelan), Goa Kalak (tempat pertapaan) dan masih banyak goa-goa indah lainnya.

Meskipun mendapat julukan sebagai kota 1001 goa, tetapi Pacitan juga merupakan salah salah satu penyedia pantai-pantai yang indah di Indonesia. Setidaknya terdapat lebih dari 10 pantai yang bisa kita kunjungi di Pacitan. Sebagian besar pantai tersebut berada jauh dari kota sehingga akses untuk mencapainya sedikit sulit. Namun ketika kita sudah sampai, mata kita akan sangat dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa indahnya. Hal ini dikarenakan pantai-pantai di Pacitan masih asri dan cenderung sepi pengunjung sehingga justru memiliki pesona yang luar biasa cantik, salah satunya adalah pantai Klayar.

Pantai Klayar terletak di Pacitan, tepatnya dibagian selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah tepatnya yaitu berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan sekitar 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan. Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang paling digemari oleh wisatawan diantara pantai-pantai lain yang ada di Pacitan. Banyak hal yang menarik perhatian wisatawan antara lain, pasir putih yang bergradiasi coklat, adanya bunyi seruling samudra yang berasal dari tengah pantai dikarenakan hembusan angin yang kencang, ada juga batu karang di tengah pantai yang sangat besar memilki arti ataupun sejarah dibalik pembentukannya, tak hanya suara seruling yang muncul saja akan tetapi pantai ini memiliki fenomena langka yaitu terdapat air mancur di tengahnya dengan ketinggian 10-15 meter, dan tak kalah menarik bentuk batu karang ini  yang mirip dengan patung Sphnix di mesir sehingga disebut dengan batu Sphnix.

 " Pantai Klayar adalah pantai yang sangat indah yang pernah saya jumpai. Pemandangan yang membuat saya merasa nyaman bersama keluarga," ujar Shafira selaku pengunjung yang berasal dari Bojonegoro.

 Perjalanan menuju tempat tersebut memang tidak mudah, harus melewati jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun. Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam berkendara ketika melewatinya. Setiba di tempat kita harus membeli tiket masuk dengan kisaran harga Rp5.000,00 saat weekday dan Rp10.000,00 saat weekend.  

Keindahan alam yang dimiliki oleh pantai Klayar ini memang menakjubkan. Membuat para pengunjung semakin puas dan nyaman dapat berkumpul dengan keluarga. Disarankan kepada para pengunjung apabila hendak berwisata ke pantai Klayar pada  waktu pagi hari sampai sore hari agar terlihat lebih indah. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan