Mohon tunggu...
Beatrix Damanik
Beatrix Damanik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UPN Veteran Yogyakarta

haii! Perkenalkan namaku Beatrix Damanik, mahasiswi baru di Upn Veteran Yogyakarta dari jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. saya senang memperhatikan dan mengikuti berita terutama bidang sosial dan politik.

Selanjutnya

Tutup

Money

Harga Cabe di Indonesia Mendadak Naik?

9 Agustus 2022   23:07 Diperbarui: 9 Agustus 2022   23:28 97 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Saat ini harga cabe di Indonesia melonjak naik, di duga dikarenakan beberapa faktor yang di alami para petani Indonesia salah satu nya petani yang ada di Indonesia diperkirakan hanya tersisa 40 % yang menyebabkan tidak terpenuhi nya stok bahan pangan di Indonesia.

Dari faktor ini bisa di simpulkan berkurang nya petani di Indonesia sedangkan kepadatan penduduk di Indonesia tergolong tinggi dan menyebabkan keterbatasan bahan pangan di Indonesia, dan faktor tanah juga menyebabkan naik nya harga cabe di Indonesia. 

Kondisi  tanah yang kurang baik juga mendukung menaik nya harga cabe di pasar , dan diduga juga dikarenakan penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dari bertahun tahun yang lalu sehingga rusak nya tanah. 

Ditambah lagi cuaca yang kurang memungkinkan yang dapat menyebabkan para petani bersusah payah dalam bercocok tanam dalam iklim yang tidak baik yang menyebabkan para petani lebih banyak mengeluarkan waktu mereka .

Dengan kondisi yang disebabkan beberapa faktor menyebab kan para petani hanya bisa memanen 4 kali saja padahal yang awal nya mereka dapat memanen sampai 10 kali. 

Dan juga para petani diharuskan melakukan penyemprotan agar memaksimal kan hasil mereka dengan baik , Dan dari semua faktor menyebabkan melonjak naik harga cabe di pasar diperkirakan menembus Rp94.000 per kilo gram (kg). para masyarakat terasa sangat terbebani dengan harga cabe yang menjolak naik dan mengharap kan harga cabe dipasar segera turun, karna cabe bisa dikatakan adalah bahan pokok dalam masyarakat .

Walaupun begitu harga cabe yang sempat Rp120.000 per kilo gram dipasar kini sudah lebih baik atau perlahan turun , tetapi masih ada beberapa kalangan di masyarakat yang masing terbebani dengan harga cabe tersebut.

Para petani juga di imbau untuk tidak melakukan penyemprotan pestisida secara terus menerus yang dapat menyebab kan kerusakan pada tanah.. dan sampai saat ini harga cabe dipasar masih tergolong mahal dari biasanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan