Mohon tunggu...
Budi Christanto
Budi Christanto Mohon Tunggu... Blogger at day, gamer at night

Simple man with writing as his hobby, aside from other things such as binge-watching tv series, reading books, and 24/7 non-stop gaming.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

7 Tips Ternak Sapi, Bisa Untung Ratusan Juta!

11 Februari 2020   13:47 Diperbarui: 11 Februari 2020   13:51 487 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Ternak Sapi, Bisa Untung Ratusan Juta!
pxhere.com

Sapi telah menjadi salah satu hewan ternak yang dapat memberikan keuntungan yang sangat besar. Namun, dengan keuntungan yang besar, Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya investi untuk ternak sapi. Selain itu, Anda juga memerlukan pengalaman yang memadai sehingga dapat menghindari kerugian akibat sapi yang mati ataupun berkualitas rendah.

Berikut adalah tips agar usaha ternak sapi yang Anda lakukan dapat berkembang dengan baik.

1. Tetapkan Modal Awal Usaha Ternak Sapi

Jangan merasa takut untuk mengeluarkan modal yang besar. Dari modal yang besar tersebut, Anda juga akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda!

Modal awal yang Anda tetapkan harus bisa mencukupi kebutuhan ternak sapi seperti kandang, pangan, bibit sapi unggul, obat-obatan, dan lainnya. Selain itu, Anda juga perlu jaringan informasi untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai merawat dan berbisnis ternak sapi.

2. Pilihlah Jenis Sapi yang Tepat

Ada berbagai jenis sapi ternak yang Anda bisa Anda pilih. Pada dasarnya, Anda harus mengetahui secara terperinci jenis-jenis sapi lokal dan impor, jadi Anda baru bisa memilih jenis sapi mana yang ingin Anda budidayakan karena setiap jenis sapi memiliki perawatan yang berbeda-beda

enviragallery.com
enviragallery.com
Sedikit informasi, untuk sapi lokal seperti sapi Madura dan Bali membutuhkan perawatan yang lebih karena pertumbuhan yang cenderung lama namun memiliki kualitas daging yang sangat bagus. Anda dapat memilih sapi berumur 2.5 tahun (jantan atau betina) dan yang pastinya harus sehat. Biasanya harga beli untuk anakan sapi berkualitas tinggi sekitar Rp 300 juta.

3. Menyiapkan Kandang Sapi yang Nyaman

Anda harus memastikan luas tempat untuk kandang sapi sesuai dengan jumlah sapi yang Anda ternak. Kandang yang memuat 25 ekor sapi biasanya membutuhkan modal kurang lebih Rp 50 juta. Usahakan membuat kandang sapi jauh dari pemukin penduduk dan berikan jarak minimum 10 meter antara kandang dan rumah peternak. Kandan sapi juga memerlukan sinar matahari yang cukup untuk menjaga suhu didalam kandang.

vetbiomarkers.com
vetbiomarkers.com

Pembuatan kandang sapi juga perlu diperhatikan. Ada berbagai posisi kandang sapi yang bisa Anda buat, ada yang satu baris sejajar atau dua baris yang berhadapan atau dengan posisi mengelilingi kandang saling berhadapan atau berlawanan. Hal ini bergantung kepada jumlah sapi yang Anda ternak. Jangan lupa memberikan lubang ventilasi agar cahaya matahari bisa masuk dan kandang tidak lembab.

5. Memilih Bibit Sapi Ternak yang Unggul

Tips memilih bibit sapi ternak yang ungul adalah yang memiliki mata bersih dan cerah, tidak memiliki lendir di hidung. Adanya lendir pada hidung berarti sapi tersebut memiliki gangguan pernapasan.

scribol.com
scribol.com
Kulit dan bulu sapi juga harus bersih dan tidak rontok sebagai tanda bahwa sapi tersebut terhindar dari infeksi dan zat bahaya, kukunya tidak panas dan dubur serta ekor perlu diperiksa ada gejala diare atau tidak.

6. Pemberian Pakan

Pemberian pakan yang benar juga diperlukan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sapi tersebut. Pemberian pakan hijau saja kurang efektif, perlu menggabungkan antara pakan hijau dengan pakan yang mengandung konsentrat seperti ampas tahu, kulit kacang kedelai, bekatul, dan kulit nanas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN