Mohon tunggu...
Bayu Mustaqim Wicaksono
Bayu Mustaqim Wicaksono Mohon Tunggu... Teknisi - Bayu

Mempelajari kapal, mengerjakan pesawat, menyukai kereta api, menggunakan sepeda, dan memilih mobil sebagai alternatif terakhir alat transportasi.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Pengalihan Fungsi Lajur Jalan Paling Kiri

1 Oktober 2012   08:00 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:25 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Jalan-jalan perkotaan sekarang umumnya dibuat lebih dari satu lajur (untuk tiap arah). Tujuannya supaya tidak ada kendaraan yang saling menunggu di satu lajur saja. Namun, pada kenyataannya lajur paling kiri yang berbatasan dengan trotoar atau-bangunan jarang dipakai. Pengendara mobil maupun sepeda motor lebih senang menggunakan lajur kanan.

Lajur paling kiri biasanya hanya digunakan jika lalu lintas macet, saat menunggu di lampu merah, atau sebagai tempat parkir. Untuk mengoptimalkan kembali fungsi jalan sebagai tempat pergerakan kendaraan, diperlukan perubahan fungsi lajur paling kiri.

Lajur paling kiri seharusnya dibuat sebagai lajur khusus sepeda. Karena kecepatan sepeda tidak terlalu tinggi, pengendara sepeda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang ditakuti pengendara kendaraan bermotor, misalnya pejalan kaki yang tiba-tiba masuk ke badan jalan, kendaraan yang memperlambat laju karena ingin berbelok, ataupun penyempitan jalan karena sebab-sebab tertentu.

Selain mengoptimalkan ruang jalan yang tersedia, penyediaan lajur khusus sepeda di setiap jalan akan memacu pertumbuhan pesepeda di perkotaan. Dampak selanjutnya adalah berkurangnya polusi karena pengendara kendaraan bermotor beralih menjadi pesepeda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun