Mohon tunggu...
Bayu Bondan
Bayu Bondan Mohon Tunggu... ASN yang belajar jadi penulis

Burung merpati burung kenari | Rehat sejenak di dahan meranti | Biarkan saja pena menari | Dan lihat saja hasilnya nanti

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

AADC, Ada Apa dengan Coutinho?

8 Januari 2018   13:18 Diperbarui: 9 Januari 2018   15:35 2250 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
AADC, Ada Apa dengan Coutinho?
Coutinho says his move to Barcelona is a 'dream come true' before his official presentation at the Nou Camp (bbc.com/sport/football)

Selayang pandang
Para remaja zaman old di Indonesia pernah terkena demam AADC yang begitu fenomenal. Bahkan para penggemar rela menemani Cinta yang setia menunggu Rangga. Penantian belasan purnama yang berakhir dengan pulkamnya Rangga di AADC 2.

Nah, di awal tahun 2018 ini, nun jauh di Eropa sana ternyata AADC juga sedang menjadi pembahasan yang tak kalah fenomenal. Eits, tunggu dulu. AADC yang ini bukanlah AADC 3 yang sedang syuting di Eropa, tetapi AADC versi sepak bola, alias Ada Apa Dengan Coutinho.

Apalagi kalau bukan berita mengenai Coutinho yang sudah ngebet banget pindah ke Barcelona. Di rubrik Bola Kompasiana sendiri saja dalam seminggu terakhir ada 8 artikel tentang Coutinho --1 artikel utama, 6 artikel pilihan, dan 2 lainnya-- mulai dari rumor mau pindah sampai beneran jadi pindah. Bahkan 7 artikel tayang dalam kurun waktu 3 hari terakhir.

Dari kacamata Rangga (Liverpool)
Artikel pertama datang dari Mas Enggar Wijaya yang ditulis saat malam pergantian tahun baru 2018. Yang sangat mengejutkan ternyata Coutinho bukan berlabuh ke Barca, tetapi malah memilih hengkang ke Indonesia, tepatnya ke Persib Bandung.

Ada 'Coutinho' di akun IG Persib (indosport.com)
Ada 'Coutinho' di akun IG Persib (indosport.com)
Tetapi para fans Barca tenang saja karena foto yang ada di atas bukan Coutinho beneran. Melalui akun Instagramnya, @persib_official, Persib mengonfirmasi kedatangan pemain muda berbakat pada sesi latihan di lapangan Sesko AD, Sabtu (30/12/17). Pemain yang dimaksud adalah Ripal Gusniawan.

Pemain ini sekilas memang mirip dengan Philippe Coutinho. Bahkan beberapa orang ada yang memanggilnya, Ripal Coutinho. Ripal sendiri merupakan pemain asli binaan Maung Bandung yang berasal dari diklat Persib U-19.

Berdasarkan artikel Mas Yose Revela, pada bursa transfer Januari 2018 ini terdapat dua warna pada aktivitas belanja pemain yang dilakukan Liverpool. Dua warna itu adalah "cerah" dan "abu-abu". Warna cerah, datang dari pembelian Van Dijk dari Southampton seharga 75 juta Poundsterling, sekaligus memecahkan rekor transfer bek termahal.

Sedangkan warna abu-abu, datang dari teka-teki mengenai masa depan Coutinho. Karena urusan Coutinho, Liverpool berada dalam situasi dilematis; dilepas sayang, dipertahankan bisa jadi masalah. 

Jika Coutinho bertukar kostum, maka dipastikan Liverpool akan mendapat dana segar melimpah. Namun, keputusan ini bisa saja menjadi blunder besar, jika Liverpool gagal mendapat pengganti yang sepadan, seperti yang sudah terjadi tempo hari silam saat Aquilani menggantikan tempat Xabi Alonso dan Balotelli yang mengisi kekosongan posisi Suarez.

Akhir kisah AADC versi sepakbola terjawab sudah. Dikutip dari artikel Mas Achmad Suwefi, Liverpool dan Barcelona sepakat mengunci angka 142 juta Poundsterling untuk seorang Coutinho. 

FP Just Toon It
FP Just Toon It
Ada yang datang, ada juga yang pergi. Kekosongan tempat Coutinho harus segera dicari pengganti. Liverpool kudu gerak cepat, jangan sampai seperti Cinta yang harus menunggu belasan purnama. Bisa-bisa "Next Year" terus nanti dalam lakon mengejar gelar Premier League.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x